Pantai Parai


Pantai Parai Tenggiri adalah salah satu objek wisata yang terletak di Kecamatan Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung. Tepatnya berada di Desa Sinar Baru yang kira-kira berjarak 30 kilometer di sebelah utara kota Pangkalpinang. Pantai ini memiliki kontur tanah yang landai dengan ombak yang relatif kecil. Pantai ini merupakan pantai andalan yang ada di kepulauan Bangka Belitung.

Pantai ini dulunya dikelola oleh pemerintah setempat, namun sekarang ini dikelola oleh pihak swasta. Kawasan wisata pantai ini merupakan kawasan wisata hijau atau disebut Parai Green Resort sebagai bentuk dalam menyelamatkan lingkungan. Oleh karena itu Pantai Parai Tenggiri adalah pantai andalan di Kepulauan Bangka Belitung.

Sama seperti pantai-pantai kebanyakan, pantai ini juga memiliki hamparan pasir putih. Namun, yang membedakan adalah air lautnya yang berwarna hijau tosca yang menambah eksotisme Pantai Parai Tenggiri. Pantai ini dulunya dikelola oleh pemerintah setempat, namun sekarang ini dikelola oleh pihak swasta.

Pantai Parai Tenggiri memiliki hamparan pasir putih yang masih bersih dan batu-batu granit yang alami. Batu-batu tersebut mempunyai ukuran yang cukup besar dan bersifat alami, sehingga makin menambah kesan eksotiknya pantai ini.

Pengunjung tidak hanya dapat menikmati keindahan alamnya, namun juga dapat melakukan rekreasi bahari lainnya yang menarik. Di pantai Parai Tenggiri ini, pengelola melayani penyewaan perahu pancing lengkap dengan semua peralatannya bagi wisatawan yang hobi memancing. Selain itu, di sini juga para pengunjung dapat menikmati sensasi menantang yang ditawarkan oleh banana boat. serta bisa melakukan penyelaman untuk melihat terumbu karang di dalam laut yang berbatasan langsung dengan laut cinta selatan.

Pantai Parai bisa dibilang sebagai pantai termahal dan tercantik di deretan timur Pulau Bangka. Kalau pengunjung bebas masuk kapan saja tanpa harus membayar di pantai Bangka pada umumnya, lain halnya dengan si cantik Parai. Sang primadona ini pantas disebut sebagai surga yang tersembunyi dari dunia. Tentu saja pantai ini tidak kalah indah dengan pantai-pantai yang berada di Pulau Belitung. Selain air lautnya yang bersih dan bening, pantai ini mempunyai gugusan batu karang berukuran besar dan membentuk formasi yang begitu indah jika disatukan dengan pohon-pohon kelapa serta pasirnya yang putih bersih.
(gosumatra.comwiki)