Monyet dan Burung





A Monkey and a Bird | English Version

Folklor dari Jawa Barat

SUATU hari yang sangat panas, seekor bebek muda mencari air. Dia tidak hanya ingin minum, tetapi juga ingin berenang. Hujan tidak turun selama berbulan-bulan dan bebek sangat membutuhkan air.

Bebek tidak menyerah. Dia tahu dia akan menemukan air dengan segera. Dan dia benar! Dari kejauhan ia melihat sebuah kolam kecil! Lalu dia berlari dengansangat cepat.

Sebelumnya, ia merasa sangat lemah, tapi ketika ia melihat kolam, ia merasa sangat kuat. Dia merasa dia punya energi ekstra. Ketika ia berdiri di sisi kolam, ia melompat dan berenang.

"Hore!" Bebek muda menjerit gembira.

Dia minum, berenang, dan menyanyikan beberapa lagu. Suaranya membuat monyet besar terbangun dari tidurnya. Monyet itu tidur di cabang pohon. Pohon itu persis di sisi kolam. Monyet bisa mendengar bebek dengan jelas.

Monyet marah.

"Hei, kau! Apa yang kau lakukan di sini? Anda mengganggu saya!"

"Maafkan saya, Pak Monyet. Saya tidak tahu aku mengganggu Anda. Maafkan saya."

"Memaafkanmu? Tidak mungkin, Kau bebek yang jelek! Kau tidak pantas di sini! Aku pemilik tempat ini. Aku tidak ingin melihat bebek jelek sepertimu berkeliaran di sini. Pergi!"

Monyet melemparkan beberapa potongan cabang pohon ke arah bebek. Beberapa darinya mengenai bebek.

"Baiklah. Aku pergi sekarang," kata bebek sedih. Dia menangis.

Bebek meninggalkan kolam. Dia begitu sedih ketika monyet mengatakan bahwa ia jelek.

Seekor burung kecil terbang. Dia begitu penasaran ketika bebek sedang berjalan dan menangis di bawahnya. Dia terbang ke bawah dan berhenti di depan bebek.

"Ada apa teman saya? Mengapa Anda terlihat begitu sedih?" Tanya burung.

Bebek berhenti menangis. Dia kemudian mengatakan kepada burung tentang monyet.

"Hmm ... Aku tahu monyet itu. Kau tahu apa? Monyet itu tidak memiliki teman karena dia arogan dan dia selalu berpikir bahwa ia memiliki kolam itu. Dia tidak ingin berbagi kolam. Saya pikir sudah waktunya bagiku untuk memberinya pelajaran," kata burung.

Kemudian burung itu terbang ke kolam. Ia sedang memikirkan sebuah ide. Ide itu berbahaya, tapi ia yakin bahwa rencananya bisa menghentikan monyet dari kesombongannya.

"Hei, Pak Monyet! Bolehkah saya minum air di sini?" Tanya burung.

"Tidak! Tinggalkan kolamku sekarang. Kau adalah hewan kecil dan aku tidak ingin melihat hewan-hewan kecil di sini!" kata monyet.

"Apa yang akan terjadi jika saya tidak ingin meninggalkan kolam ini?" tanya burung.

"Aku akan memakanmu!" Monyet sangat marah. Dia melompat dan meraih burung.

Dia menempatkan burung di dalam mulut yang besar. Burung itu berusaha menenangkan diri. Dia memiliki rencana dan dia akan melakukannya. Dia buang air besar dan meninggalkan kotoran di lidah monyet. Monyet merasa ada sesuatu yang aneh di lidahnya dan terasa begitu menjijikkan.

"Cuih!" Dia membuka mulutnya dan burung tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk terbang jauh. Monyet mencoba untuk membersihkan lidahnya, tapi kotoran itu lengket. Ia mencari sesuatu dan kemudian ia meraih sepotong bambu untuk membersihkan lidahnya. Namun, ia tidak tahu bahwa bambu itu tajam.

Lidahnya berdarah! Monyet itu menjerit kesakitan.

"Tolong !!! Tolong bantu saya!"

Burung itu menjawab, "Saya akan membantu Anda, tetapi Anda harus berjanji untuk berbuat baik kepada binatang lain dan juga harus berbagi kolam."

"Saya berjanji," kata monyet.

Burung itu kemudian membantu monyet. Ketika monyet itu sembuh, ia menepati jajnjinya. Dia berprilaku baik dan berbagi kolam dengan hewan yang lain. ***

Apakah Kamu Tahu?

Burung Gelatik Jawa (Lonchura oryzivora), adalah seekor burung kecil yang dikembangbiakan oleh penduduk di Jawa, Bali dan Bawean di Indonesia. Ini adalah burung sangkar yang populer, dan telah diperkenalkan di sejumlah besar negara lain.

Baca Juga : Burung Gelatik Jawa

No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection