Pangeran Suta dan Raja Bayang

Sultan Hasan dan Pangeran Suta: Memulihkan Kerajaan Indragiri


Prince Suta and King Bayang >> English Version

Cerita Rakyat dari Riau


SULTAN Hasan Salehuddin Kemaramtsyah adalah raja Kerajaan Indragiri di Riau. Ia adalah raja sangat bijak. Dia juga sangat baik terhadap bangsanya. Orang-orang hidup dengan bahagia dan damai. Raja memiliki anak perempuan yang cantik. Namanya Putri Halimah. Dia sangat terkenal. Banyak pemuda jatuh cinta padanya.

Kehidupan damai di Kerajaan Indragiri terganggu. Seorang raja dari kerajaan tetangga datang. Namanya Raja Bayang. Raja membawa tentaranya. Mereka mencuri dan merampok rumah orang. Sultan Hasan segera mengirim tentaranya untuk melawan tentara Raja Bayang. Sayangnya, tentara Sultan Hasan kalah dalam pertarungan. Raja Bayan datang ke istana. Dia ingin bertemu Sultan Hasan.

"Mengapa kamu melakukan hal-hal yang mengerikan kepada rakyat kita?" Tanya Sultan Hasan.

"Ha ha ha ... maaf kalau aku bikin kamu marah Sebenarnya, saya disini karena saya mendengar anda memiliki anak perempuan yang cantik. Saya ingin menikahinya, "kata Raja Bayang.

"Mustahil. Aku yakin putriku tidak mau menikahi raja yang buruk sepertimu! "

"Apa?! Kamu menolak lamaran ku ?! Anda akan menyesal, Sultan Hasan! "Raja Bayang sangat marah.

Dia meninggalkan istana dan kemudian kembali dengan lebih banyak tentara. Mereka menyerang istana. Sultan Hasan bertempur dengan gagah berani. Namun dia tidak memiliki banyak tentara. Mereka kehilangan akal. Sultan Hasan, putrinya, dan beberapa prajurit setia melarikan diri.

Akhirnya mereka sampai di sebuah desa kecil. Sultan Hasan dan tentaranya menetapkan strategi baru.

"Yang Mulia, kita perlu bantuan. Dengan tentara yang kita miliki saat ini, kita tidak bisa memenangkan kerajaan kita kembali, "kata seorang tentara.

"Apakah Anda punya ide? Siapa yang bisa membantu kita? "Tanya Sultan Hasan.

"Kudengar ada pangeran yang hebat. Namanya Pangeran Suta. Dia berasal dari daerah timur. Dia sangat baik hati. Dia sudah membantu Kerajaan Jambi dari orang jahat. "

"Baiklah kalau begitu ... temukan Pangeran Suta. Katakan padanya tentang Raja Bayang dan katakan padanya bahwa kita memerlukan pertolongannya untuk memenangkan kerajaan kita kembali, "kata Sultan Hasan.

Prajurit itu segera pergi. Beruntung ia menemukan Pangeran Suta. Para prajurit menceritakan kepadanya tentang pesan Sultan Hasan.

"Saya pernah mendengar tentang Raja Bayang sebelumnya. Dia adalah raja yang jahat. Dia mengganggu banyak orang. Beritahu Sultan Hasan, saya akan membantunya. Saya akan pergi ke Indragiri sekarang, "kata Pangeran Suta.

Saat sampai di Indragiri, dia langsung pergi ke istana. Dia menantang Raja Bayang untuk bertarung.

"Ha ha ha…. Kenapa kamu ingin melawan saya, anak muda? "Tanya Raja Bayang.

"Karena ini bukan kerajaanmu, kau harus kembali!"

"Baiklah, jika saya menang saya akan tetap tinggal. Dan jika saya kalah, saya akan kembali ke rumah. "

Pangeran Suta dan Raja Bayang sedang bertengkar! Keduanya sangat kuat. Beruntung, Pangeran Suta lebih muda. Dia memiliki lebih banyak kekuatan daripada King Bayang. Tak lama kemudian, Raja Bayang kalah dalam pertarungan. Raja Bayang dan tentaranya meninggalkan Kerajaan Indragiri.

Kemudian, Sultan Hasan dan Putri Halimah kembali ke rumah. Orang-orang sangat senang. Untuk mengucapkan terima kasih, Sultan Hasan meminta Pangeran Suta untuk menikahi putrinya yang cantik. Pangeran Suta setuju. Pangeran Suta dan Putri Halimah sangat senang. Sejak saat itu Kerajaan Indragiri selalu aman dari orang jahat. ***



Kolaborasi untuk Kemenangan

Moral dari cerita ini adalah pentingnya mencari bantuan dan bekerja sama untuk mengatasi tantangan. Cerita ini mengajarkan kita bahwa terkadang, dalam situasi sulit, perlu untuk mencari bantuan dari orang lain yang memiliki kemampuan untuk membantu, meskipun mereka berasal dari latar belakang atau kerajaan yang berbeda. Melalui kolaborasi dan persatuan, hambatan yang menakutkan dapat diatasi, dan perdamaian serta kemakmuran dapat dipulihkan.










No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection