Wanita Tua Misterius Bernama Luhu

The Mysterious Old Woman Named Luhu | English Version

Cerita rakyat dari Maluku

DAHULU kala ada sebuah kerajaan di Maluku. Raja memiliki anak perempuan yang cantik. Namanya adalah Ta Ina Luhu. Raja dan ratu sangat mencintainya. Orang-orang hidup bahagia. Tanah mereka subur. Mereka hidup makmur. Tidak ada orang yang miskin.

Sayangnya setelah kedatangan orang Belanda, orang tidak bisa lagi hidup dengan damai. Belanda datang dan menduduki tanah mereka. Raja marah saat melihat Belanda mencuri tanah mereka. Dia mengirim tentaranya untuk menyerang Belanda. Sayangnya, Belanda memiliki senjata yang lebih baik. Segera, tentara dan raja tewas.

Belanda datang ke istana. Komandan Belanda melihat Putri Ta Ina Luhu. Dia jatuh cinta padanya. Dia memintanya untuk menikahinya. Tentu saja dia menolaknya. Dia tidak ingin menikahi pria yang telah membunuh ayah tercintanya. Komandan itu marah! Dia mengancamnya bahwa dia akan membunuh ibunya, sang ratu, jika sang putri tidak mau menikahinya. Sang putri tak berdaya. Akhirnya dia menyerah. Dia menikahi komandan kejam itu.

Tidak lama setelah pernikahan, masalahnya semakin parah. Ratu sakit parah. Dia tidak bisa mengatasinya lagi. Lalu, dia meninggal. Putri Ta Ina Luhu sangat sedih. Dia kehilangan ibunya tercinta. Dia merasa tidak ada alasan baginya untuk tinggal dan tetap menjadi istri komandan. Dia melarikan diri!

Putri Ta Ina Luhu tiba di sebuah kerajaan bernama Soya. Raja dan ratu menyambutnya. Mereka merasa sangat kasihan padanya. Mereka membiarkannya tinggal di istana. Pertama. Sang putri sangat bahagia. Raja dan ratu memperlakukannya dengan sangat baik. Namun kemudian dia menyadari bahwa dia hamil! Dia mengalami dilema hebat. Satu sisi dia ingin tinggal di istana, namun dia tidak ingin merepotkan raja dan ratu dengan kehamilannya. Dia kemudian memutuskan untuk meninggalkan istana. Dia ingin tinggal di tempat lain.

Sang putri meninggalkan istana dan dia tidak mengucapkan selamat tinggal. Dia tahu raja dan ratu tidak mengizinkannya meninggalkan istana. Sang putri meninggalkan sebuah catatan untuk mereka. Dia menulis alasan mengapa dia meninggalkan istana. Raja menemukan catatan itu! Dia segera mengirim tentaranya untuk mencari sang putri.

Sementara itu, sang putri pergi ke hutan. Dia sangat lelah. Dia haus dan lapar Putri sangat marah dengan kondisinya. Dia mengutuk orang Belanda yang telah membuat hidupnya sengsara.

Sementara itu setelah mencari berbulan-bulan, tentara akhirnya menemukannya! Sang putri tidak terlihat baik. Dia tampak lebih tua. Juga dia terlihat sangat lelah.

"Putri, ikutlah kami ... ayo kita kembali ke istana. Raja Soya mengkhawatirkanmu," kata seorang tentara.

"Tidak ... saya tidak ingin kembali, saya ingin tinggal di sini," jawab sang putri dengan sangat lemah.

Tiba-tiba, sang putri menghilang! Para tentara sangat bingung! Mereka mencarinya di mana-mana, tapi mereka tidak bisa menemukannya! Mereka lalu kembali ke istana. Berita tentang putri yang hilang itu tersebar. Orang bilang dia telah berubah sebagai hantu! Dia kadang menunjukkan dirinya sebagai wanita tua! Oleh karena itu dia kemudian disebut wanita tua misterius bernama Luhu. Wanita tua itu sering menculik orang, terutama anak-anak! Ketika itu terjadi, orang akan berdoa. Setelah itu, mereka akan menemukan orang yang hilang dalam kondisi kritis.

Orang juga mengatakan bahwa wanita tua sangat membenci orang Belanda. Dia sering menculik mereka satu per satu. Sampai sekarang, masyarakat setempat percaya bahwa wanita tua itu masih ada. Terkadang, dia menunjukkan dirinya dalam gerimis saat matahari panas. Orang biasanya menghindari berjalan di jalanan dan mereka tinggal di rumah saat hujan turun dan matahari panas karena sudah saatnya wanita tua itu muncul! ***

No comments: