Dewi Kilisuci dan Lembu Suro




Dewi Kilisuci and Lembu Suro | English Version

Cerita Rakyat dari Jawa Timur

Dulu, ada sebuah kerajaan di Kediri, Jawa Timur. Raja memiliki anak perempuan yang sangat cantik. Namanya Dewi Kilisuci. Sang putri sangat cantik. Dia sangat terkenal. Banyak pemuda jatuh cinta padanya. Mereka mengusulkan sang putri untuk menjadi istri mereka. Namun sang putri selalu menolak usulan tersebut.

Salah satu pria yang datang dan mengusulkan sang putri adalah Raja Lembu Suro. Dia bukan raja biasa. Dia memiliki kekuatan supernatural yang hebat. Dan dia terlihat sangat aneh. Dia tidak memiliki kepala manusia. Sebaliknya, kepalanya persis seperti sapi. Itulah sebabnya namanya Lembu atau seekor sapi.





Dewi Kilisuci sangat bingung. Dia tahu bahwa Raja Lembu Suro sangat kuat. Dia punya banyak tentara. Beberapa dari mereka adalah jinak. Dia juga tahu bahwa raja sangat jahat. Dia akan memukul dan menghancurkan apapun jika keinginannya tidak terwujud. Sang putri berpikir bagaimana dia bisa menolak usulan itu. Dan kemudian, dia mendapat ide.

"Saya akan menerima lamaran Anda, namun saya punya satu permintaan," kata sang putri.

"Ha..ha..ha .. saya senang anda akan menerima lamaran saya, katakan saja kepada saya, sayangku, apa yang bisa saya lakukan untuk anda? Dengan kekuatan saya, saya bisa melakukan apapun," kata Raja Lembu Suro.

"Dengar, saya ingin mandi di puncak gunung Dan saya ingin melakukannya di puncak Gunung Kelud, tapi tidak ada sumur di sana Saya ingin Anda menggali dan membuat sumur yang dalam, Tanya sang putri.

"Itu saja? Ha..ha..ha .. itu sangat mudah buat saya," kata Raja Lembu Suro.

Putri Dewi Kilisuci terdiam. Dia tidak berpikir bahwa raja akan menerima tantangan itu.

Dia sedang berpikir dan akhirnya dia mendapat ide lain.

"Tidak, bukan begitu, saya ingin Anda menyelesaikan sumur dalam semalam, sumur harus selesai sebelum matahari terbit" kata sang putri.

"Ha..ha..ha .. itu masih belum menjadi masalah bagiku, tunggu saja, kamu akan lihat sumur yang siap pagi-pagi."

Sang putri sangat ketakutan. Dia berharap raja tidak bisa menyelesaikan sumur sebelum matahari terbit. Sayangnya, ketakutannya menjadi kenyataan. Raja bisa menyelesaikan sumur sebelum matahari terbit. Dia meminta semua prajuritnya untuk membuat sumur.

"Aku sudah selesai dengan sumur, maukah kamu menikah denganku?" Tanya raja.

Sang putri sedang memikirkan gagasan lain. Dan dia mendapat yang bagus. Dia meminta semua tentara kerajaan untuk menemaninya.

"Saya tidak akan percaya jika saya tidak melihatnya dengan mata kepala sendiri."

"Tidak masalah, saya akan mengantarmu ke sana."

"OK tapi Anda harus pergi sendiri Jangan membawa tentara Anda Sementara itu, saya akan membawa tentara saya,"
Kata sang putri.

Kemudian, Raja Lembu Suro, Putri Dewi Kili Suci, dan tentaranya pergi ke puncak Gunung Kelud. Saat mereka sampai di puncak, sang putri berpura-pura kagum dengan sumur.

Sementara dia berdiri di sisi sumur, dia menjatuhkan cincinnya.

Raja Lembu Suro tidak ingin melihat sang putri sedih. Dia melompat ke sumur untuk mengambil cincin itu. Dan saat sang raja berada di dalam sumur, sang putri segera meminta tentaranya untuk menutup sumur dengan batu-batu besar.

Batu-batu itu sangat besar. Raja Lembu Suro tidak berdaya. Dia terjebak di dalam sumur. Namun sebelum sumur itu benar-benar tertutup, dia mengutuk.

"Suatu hari, saya akan menghancurkan daerah ini! Saya akan membuat gunung ini meletus!"

Semua orang yang mendengar kutukan itu ketakutan. Untuk menghindari kutukan itu terjadi, mereka secara teratur memberi sesajen agar Gunung Kelud tidak meletus. Kebiasaannya terus sampai sekarang. Orang selalu memberikan sesajen dengan harapan agar tempat mereka aman dari letusan Gunung Kelud. ***



No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection