Kuda Bali

Kuda Bali (Bali Pony) adalah kuda ras kuno yang sekarang ada di Bali, Indonesia.

Kuda Bali
Karakteristik
Kuda Bali cukup kuat dan mandiri, hidup dengan sedikit perawatan luar. Mereka adalah hewan yang tangguh yang tidak bersepatu dan suaranya keras, dengan kaki yang kuat. Kuda ini menunjukkan "tanda primitif" yang biasa terjadi seperti garis punggung, bahu, dan garis-garis zebra pada kaki, dengan warna dasar dun, beserta surai, ekor, dan kaki yang berwarna hitam.

Konformasi Kuda kurang "cantik" secara tradisional, Memiliki kepala yang besar dan kurang elegan, dan bahu yang tegak,menghasilkan langkah pendek dan berombak. Dada dan punggung yang sempit, meskipun leher biasanya dari panjang yang baik.  Kuda biasanya berkisar 1,2-1,3 meter. Konformasi dan warna menghasilkan kuda yang terlihat mirip dengan Kuda Przewalski.

Sejarah
Para peneliti di awal abad kedua puluh berusaha untuk melacak asal-usul ini kuda kecil dan percaya bahwa mereka turun dari kuda dari Mongolia dan Asia Barat.

Akarnya belum diketahui, meskipun satu teori adalah bahwa stock kuda kuno dibawa ke Indonesia oleh Cina di abad ke-6. Jika teori ini benar, maka Kuda Bali akan berutang banyak pada kuda Mongolia.

Selain kuda Mongolia, diketahui bahwa beberapa stock India dibawa ke Indonesia (meskipun tidak diketahui persis rasnya), dan orang Belanda juga membawa berbagai keturunan kuda timur ke Indonesia selama abad ke-18. Oleh karena itu, kuda Bali kemungkinan telah dipengaruhi oleh kuda Mongolia, dan berbagai keturunan kuda timur lainnya.

Kegunaan
Kuda Bali belum dibiakkan secara selektif untuk set tertentu dari suatu karakteristik. Namun, mereka dengan mudah melakukan tugas-tugas yang diperlukan oleh orang-orang pribumi, termasuk pengangkutan karang dan batu dari pantai. Kekuatan mereka juga telah membuat mereka tunggangan populer untuk trekking dan wisata.

Negara Asal: Mongolia dan Asia Barat.

Warna: dominan dari warna dun dengan garis punggung, meskipun warna lain bisa terjadi.

Tinggi: antara 1,1 hingga 1,3 meter

Konformasi:
  • Bentuk kecil, urat-urat kurang baik
  • leher pendek
  • bentuk kaki ramping
  • kaki keras
  • Kepala besar-leher besar
  • Bahu tegak
  • Punggung terlampau panjang sedikit
  • kemudi condong

Karakter: kuda Tangguh yang dapat hidup di iklim yang keras.

No comments: