Legenda Burung Ntaapo-Apo

The Legend of Ntaapo-Apo Bird | English Version

Folklor dari Sulawesi Tenggara

DAHULU, ada seorang wanita tua tinggal bersama anak tunggalnya di Muna, Sulawesi Tenggara. Suaminya meninggal sejak lama. Untuk mencari nafkah, dia pergi ke hutan untuk mengumpulkan beberapa kayu bakar dan menjualnya. Nama anaknya adalah La Ane.

Wanita tua itu selalu pergi ke hutan dan tiba di rumah pada siang hari. Sebelum meninggalkan rumah, dia selalu menyuruh anaknya melakukan pekerjaan rumah.





"Jangan lupa menyapu lantai, ingatlah, cucilah pakaian. Ada banyak baju kotor," kata wanita tua itu kepada anaknya.

Apakah dia mendengarkan ibunya? Tidak! La Ane sedang sibuk bermain dengan bagian atasnya yang berputar.

"La Ane, apakah kau mendengarkan ibu?"

"Ya, Bu," tapi tetap saja dia sedang bermain dengan puncak pemintalannya.

Dia mengabaikan ibunya.

Belakangan wanita tua itu pergi ke hutan. Saat sampai di rumah, rumah berantakan. Sudah jelas bahwa La Ane tidak melakukan apa yang dia katakan.

"La Ane, di mana kau?"

Dia tidak menanggapi. Setelah beberapa saat, La Ane pulang. Dia terlihat sangat kotor.

"Di mana saja kau? Aku mencarimu," tanya wanita tua itu.

"Saya sedang bermain gasing dengan teman-teman," katanya.

"Aku sudah menyuruhmu membersihkan rumah, bukan? Kenapa kamu tidak melakukannya?" Wanita tua itu marah.

Ya, dia sangat marah! La Ane sangat bodoh. Dia tidak pernah membantu ibunya. Dia hanya suka bermain dengan bagian atas yang berputar. Dia selalu lupa saat dia sedang bermain dengan teman-temannya.

Setelah ibunya pergi, La Ane selalu meninggalkan rumah untuk bermain dengan teman-temannya. Dia pulang pada sore hari untuk makan. Itulah yang selalu dia lakukan setiap hari. Ibunya sangat sedih melihat tingkah laku anaknya.

Suatu hari, wanita tua itu tidak tahan lagi. Dia ingin memberinya pelajaran. Dia memotong gasing La Ane dan memasukkannya ke piring.

Saat La Ane pulang, dia pergi ke meja makan. Dia sangat terkejut saat dia tidak menemukan makanan, malah dia menemukan potongan-potongan gasingnya di atas piring.

La Ane sangat sedih. Dia pikir ibunya tidak mencintainya lagi.

Dia memanjat pohon, dan berkata, "Ibu, mengapa kamu tidak mencintaiku lagi? Mengapa kamu tidak memberiku makanan? Jika kamu tidak mencintaiku lagi, aku lebih suka menjadi burung!"

Hebatnya, tepat setelah dia selesai mengucapkan kalimat itu, beberapa bulu tumbuh di tubuh La Ane. Ya, dia menjadi burung! Saat wanita tua itu pulang, dia mencari La Ane.

"La Ane, di mana kau? Apakah kamu masih bermain? Pulanglah sekarang!" Kata wanita tua itu.

Dari atas pohon, La Ane menjawab, "Ntaapo-apo!"

Wanita tua itu mengenali suaranya. "La Ane di mana kau?"

Sekali lagi, La Ane menjawab, "Ntaapo-Apo!"

 Saat wanita tua itu mangadah, ia melihat seekor burung yang indah di puncak pohon.

"La Ane, apakah itu kamu? Ya Tuhan, apa yang terjadi padamu? Turun sekarang juga!"

La Ane hanya berkata, "Ntaapo-Apo!"

Lalu dia terbang. Wanita tua itu menyesali hal itu, tapi sudah terlambat. Anaknya telah berubah menjadi seekor burung. Sejak saat itu orang menamai burung tersebut sebagai burung Ntaapo-Apo. Burung itu indah dan bisa ditemukan di Muna, Sulawesi Tenggara. Burung itu tampak seperti burung cendrawasih. ***

Wakatobi, Sulawesi

No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection