Penyumpit dan Babi Liar



Umpit and the Wild Hogs >> English Edition

Cerita Rakyat dari bangka Belitung

JAMAN dahulu kala di Bangka, hidup lah seorang pemburu. Namanya Umpit. Dia dipanggil Umpit karena dia selalu pergi berburu menggunakan sumpitannya. Penduduk desa sangat menyukainya. Umpit sering berburu babi liar. Hewan-hewan sering menghancurkan perkebunan warga. Setelah Umpit membunuh babi liar, penduduk desa memberinya uang.

Pak Raje adalah orang terkaya di desa. Tidak ada yang menyukainya. Dia sangat pelit. Dia tidak ingin menyumbangkan uangnya. Suatu hari ia meminta Umpit untuk berburu babi liar. Umpit setuju. Pada malam hari ia siap dan menunggu di perkebunan Pak Raje ini. Sementara ia menunggu, tiba-tiba tujuh babi liar memasuki perkebunan. Umpit siap untuk menyumpit.

Kemudian, suara mendesing! Salah satu babi ditembak. Hebatnya, babi menghilang. Umpit tidak bisa menemukan babi di mana saja. Namun ia menemukan darah di tanah. Dia mengikuti jejak darah. Ia pergi ke hutan. Akhirnya jejak darah berhenti di sebuah gua besar. Perlahan-lahan ia memasuki gua. Kemudian dia mendengar suara.

"Kamu siapa?"

"Nama saya Umpit. Saya mencari babi terluka. Aku menembak menggunakan sumpitanku."

"Jadi, itu adalah kau! Kau yang menyakiti anak saya! "

Perlahan seorang wanita muncul di depannya.

"Ayo, ikuti saya," kata wanita itu.

Dia kemudian menunjuk seorang gadis. Dia terluka. kakinya berdarah.

"Dia bukan babi yang sesungguhnya. Kami adalah dewi hutan. Aku akan memaafkanmu, tetapi Kau harus menyembuhkan anak saya."

Umpit begitu takut. Dia tidak tahu bahwa itu bukan babi yang sesungguhnya. Dia kemudian mengambil beberapa daun. Dia tahu beberapa obat karena orangtuanya pernah mengajarinya. Ia menempatkan daun pada luka. Setelah beberapa saat, gadis itu sembuh.

Wanita itu kemudian memberikan Umpit hadiah. Umpit segera pulang ke rumah. Dia berlari sangat cepat.

Di rumah, Umpit segera membuka sekarang. Wah! Dia mendapat perhiasan, emas dan berlian. Umpit menjual perhiasan dan sekarang ia menjadi orang kaya.

Pak Raje mendengar bahwa Umpit telah menjadi orang kaya. Dia bertanya Umpit bagaimana dia menjadi kaya. Setelah dia tahu semua tentang hal itu, ia meminjam sumpitan milik Umpit. Dia menunggu di perkebunan, dan ia menembak babi liar. Dia mengikuti jejak darah dan tiba di gua. Ia bertemu dengan wanita dan gadis terluka. Pak Raje diminta untuk menyembuhkan gadis itu. Tapi ia tidak bisa melakukannya, sehingga wanita itu marah. Dia meminta semua babi liar menyerang Pak Raje.

Pak Raje berlari sangat cepat. Dia pergi ke rumah Umpit. Dia meminta Umpit untuk membantu dia dari serangan babi liar. Dia setuju untuk membantu jika Pak Raje menyumbangkan sebagian uangnya. Pak Raje menyetujiui dan dia juga berjanji akan membantu warga desa. ***

No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection