Pangeran Pande Gelang dan Putri Cadasari

Prince Pande Gelang and Princess Cadasari >> English version

Cerita rakyat Dari Baten

DAHULU kala, ada sebuah kerajaan Banten. raja memiliki seorang putri cantik. Namanya Putri Cadasari. Dia sangat cantik dan baik untuk orang.

Namun, dia sangat sedih akhir-akhir ini. Seorang pangeran dari kerajaan lain datang dan direncanakan untuk menikahinya. Namanya pangeran Cunihin. Orang tidak menyukainya. karena ia sombong dan kejam kepada orang lain. Dia memiliki kekuatan supranatural. Pangeran Cunihin berbicara dengan raja tentang pernikahan. raja menerima proposal tersebut. Dia takut bahwa Pangeran Cunihin akan menyerang kerajaan jika usulan itu ditolak.

Pernikahan itu ditetapkan. Putri Cadasari sedih. Dia tidak punya pilihan. Dia berdoa kepada Tuhan. Dan dalam satu malam ia bermimpi. Dia berada di taman dan seorang pria tampan membantunya.

Pada hari berikutnya, Putri Cadasari pergi ke taman dan menunggu pria tampan. Sementara dia berada di sana tiba-tiba seorang pria tua datang padanya.

"Ada apa, Putri? Kau tampak sangat sedih," tanya orang tua itu.

"Saya punya masalah besar. Dan aku menunggu seseorang untuk membantu saya."

"Mungkin aku bisa membantu Anda."

Sang putri masih ragu-ragu. Dalam mimpi, seorang pria tampan akan membantunya, tapi ternyata seorang tua yang menawarkan untuk membantunya. Dia memutuskan untuk berbicara tentang masalahnya kepada pria tua itu. Namanya Pande Gelang. Pande berarti pembuat dan gelang berarti gelang. Dia membuat gelang untuk mencari nafkah.

"Jangan khawatir putri, saya dapat membantu Anda. Katakan pangeran Cunihin untuk menemukan sebuah batu besar dan hanya meminta dia untuk membuat lubang besar di batu. Aku akan menaruh gelang raksasa saya di dalam batu, setelah itu memintanya untuk pergi mengambil gelang. Dia akan kehilangan kesaktiannya kemudian "

Putri Cadasari melakukannya. Dia meminta Pangeran Cunihin untuk menemukan sebuah batu besar. Dan membuat lubang besar di dalamnya. Pangeran Cunihin tidak memiliki masalah untuk membuat lubang. Dan setelah ia melakukannya, ia meletakkan batu di taman. Itu adalah tempat di mana pesta pernikahan akan digelar. Dan secara diam-diam, Pande Gelang menempatkan gelang raksasa di dalam batu.

Pada hari pernikahan, orang-orang berkumpul di taman. Sebelum upacara dimulai, Putri Cadasari meminta Pangeran Cunihin melewati batu. Meskipun ia tidak mengerti, Pangeran Cunihin tetap melakukan permintaan.

Pangeran Cunihin siap untuk pergi melalui batu dan sang putri sedang menunggu di sisi lain. Dan ketika dia berjalan melalui batu, Pangeran Cunihin menjerit kesakitan. Dia berteriak dan akhirnya jatuh ke tanah. Dan ketika ia terbangun, ia melihat Pande Gelang di depannya.

"Kau melakukan ini padaku ..." kata Pangeran Cunihin.

Hebatnya, Pangeran Cunihin perlahan berubah menjadi seorang pria tua dan Pande Gelang berubah menjadi seorang pria tampan.

Pande Gelang kemudian menjelaskan kepada putri Cadasari. Dia adalah seorang pangeran. Sebelumnya, Pangeran Pande Gelang dan Pangeran Cunihin adalah teman terbaik. Mereka berdua adalah siswa dari guru besar. Tapi setelah mereka selesai pelajaran, Pangeran Cunihin membunuh guru dan mencuri kekuatan Pangeran Pande Gelang. Dia akan mendapatkan kembali kekuatannya jika Pangeran Cunihin melewati gelangnya.

Putri Cadasari sangat senang. Dia kemudian ingat mimpinya. Memang benar bahwa pria tampan akan membantunya. Sejak itu, Pangeran Pande Gelang tinggal di istana. Dia membantu kerajaan dari orang jahat. Kemudian Pangeran Pande Gelang dan Putri Cadasari menikah. Orang-orang sangat senang. Mereka sangat berterima kasih. Mereka juga memberi nama istana sebagai Pande Gelang. Hal ini sekarang dikenal sebagai Pandeglang. ***

Alun-alun Pandeglang

No comments: