Peran Kuda bagi Manusia

Awalnya, kuda liar diburu untuk dimakan dagingnya oleh manusia. Ini dapat dilihat dari lukisan di dinding di gua yang bernama gua Lascaux di Prancis. Kemudian seiring dengan perkembangan zaman, ditemukannya cara untuk menjinakkan kuda.

Lukisan kuda di dinding Gua Lascaux

Kuda telah memainkan peran yang luas dalam kebudayaan manusia. Hewan ini telah lama merupakan salah satu hewan peliharaan yang penting secara ekonomis dan historis, dan telah memegang peranan penting dalam pengangkutan orang dan barang selama ribuan tahun. Kuda juga dalam berbagai kebudayaan dianggap sebagai simbol kebebasan, kecerdasan, dan kekuatan.

Dan juga bagi suku indian kuda menjadi hewan yang sangat dihargai, karena sebelum kuda-kuda itu dibawa ke Amerika oleh pendatang Eropa tahun 1493, hewan peliharaan suku Indian hanyalah anjing. Kuda juga penyebab kekalahan mereka. Bagi suku Mongol dan suku nomaden lainnya, merka memiliki paham "Kita dilahirkan, dibesarkan, makan dan mati diatas kuda".

Kuda digunakan sebagai alat transportasi, berburu binatang, bahkan erat kaitannya dalam upacara adat dan tradisi. Di jaman modern kuda berperan dalam perkembangan cabang olahraga berkuda seperti equestrian dan pacuan kuda.

Baca juga : Cabang Olahraga Berkuda Indonesia

Baca juga : Peranan Kuda Seiring Zaman

No comments: