Peranan Kuda Seiring Zaman

Manfaat, potensi dan inspirasi yang ada pada kuda dapat terus digali seiring dengan perkembangan zaman dalam berbagai bidang. Mulai dari yang tradisional hingga yang modern, bahkan untuk rencana masa yang akan datang.

Baca juga: awal peranan kuda bagi manusai

Transportasi

Tidak diragukan lagi kuda sudah menjadi alat transportasi dari masa kemasa, sehingga memudahkan kehidupan manusia.

Kereta Kuda

Kesenian

Telah banyak seniman yang terinspirasi oleh tema kuda, salah satunya yang terkenal di Indonesia adalah lukisan Pangeran Diponegoro dengan kudanya karya Basuki Abdullah.


Gambar: Lukisan Pangeran Diponegoro

Kesehatan

Selain untuk olahraga, kuda juga berperan dalam bidang kesehatan seperti terapi berkuda, maupum manfaat lain untuk dikonsumsi seperti daging dan susu.


Foto: Terapi Berkuda

Pendidikan

Munculnya berbagai lembaga pendidikan seperti Yayasan Adria Pratama Mulya yang memperkenalkan SMA APM sebagai Sekolah Pertama di Indonesia yang menggabungkan pendidikan akademik dengan olahraga ketangkasan berkuda dan performing arts.


Foto: Yayasan Adria Pratama Mulya

Foto: Yayasan Adria Pratama Mulya

Teknologi

Inspirasi akan kuda juga tidak lepas dengan penemuan teknologi baru misalnya dengan tujuan untuk mencapai maksud dari karya seni itu sendiri. Seperti diciptakannya kuda animatronik untuk menggantikan adegan-adegan kuda yang berbahaya bagi kuda sungguhan dalam pembuatan sebuah film. Selain itu juga inovasi pembuatan program komputer untuk menghasilkan efek yang diinginkan, seperti Computer-generated imagery (CGI)


Foto: Kuda animatronik untuk film War Horse

No comments: