Tanda pada Kuda (Horse Markings)

Tanda pada kuda biasanya merupakan daerah wana bulu yang berwarnan putih yang khas dengan warna bulu dasar (coat colors) yang berwana gelap.

Sebagian besar kuda memiliki beberapa tanda, dan tanda-tanda itu membantu mengidentifikasi kuda sebagai individu yang unik. Tanda dibawa sejak lahir dan tidak berubah selama hidupnya.

Sebagian besar tanda memiliki kulit berwarna merah muda di bawah bulu yang berwarna putih, meski beberapa tanda yang samar terkadang memiliki rambut putih tanpa kulit berwarna merah muda dibawahnya.

Tanda pada kuda biasanya terbentuk dari daerah bulu putih yang terletak pada bagian tubuh kuda yang berbeda, dengan warna dasar bulu yang berbeda pula. Tanda pada kuda dapat bervariasi, mulai dari bintik-bintik kecil hingga garis-garis atau corak yang lebih kompleks.

Tanda pada kuda tampak sedikit berubah saat bulu kuda menjadi lebih panjang pada saat musim dingin, namun perbedaannya hanyalah karena faktor panjang bulu yang menutupi tubuh, sedangkan desain dasar tanda pada kuda tidak lah berubah.

Meskipun tanda pada kuda tidak berubah selama hidupnya, warna bulu kuda dapat berubah seiring pertumbuhan dan pergantian musim. Pada musim dingin, bulu kuda akan tumbuh lebih panjang dan tebal untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin, sehingga terkadang membuat tanda pada kuda sedikit terlihat berbeda. Namun, desain dasar dari tanda pada kuda tetap sama dan membantu untuk membedakan kuda satu dengan yang lainnya.

Warna bulu pada kuda bisa berubah-ubah tergantung pada musim atau faktor lingkungan lainnya. Beberapa jenis kuda dapat mengalami perubahan warna bulu saat musim dingin untuk menyesuaikan dengan lingkungan sekitarnya, seperti kuda Shetland yang biasanya berwarna coklat keemasan di musim panas, tetapi berubah menjadi kelabu di musim dingin untuk menyesuaikan dengan lanskap yang bersalju. Namun, tanda pada kuda tetap konsisten dan tidak berubah sepanjang hidupnya.



Baca juga: Anatomi, Tanda dan Warna Kuda

Jenis tanda yang berwarna putih pada kuda

Tanda pada wajah

Tanda wajah biasanya digambarkan dengan bentuk dan lokasinya. Mungkin ada lebih dari satu tanda wajah yang berbeda dan jika demikian, akan diberi nama secara terpisah. Kadang-kadang, ketika tanda putih meluas di daerah mata, mata itu mungkin berwarna biru, bukan coklat, meskipun hal ini tidak selalu terjadi dalam semua kasus.


Tanda wajah yang umum adalah:
  • Blaze: garis putih lebar di tengah wajah, biasanya di antara atau di atas mata.
  • Strip, stripe, stripe face atau race: garis putih sempit vertikal yang membentang di tengah wajah, biasanya di antara mata.
  • Bald Face atau White face (Wajah Putih): warna rutih yang sangat lebar, membentang atau melewati mata. Beberapa kuda, tapi tidak semua, pada kuda dengan jenis tanda ini memiliki mata berwarna biru.
  • Star (Bintang): tanda putih di antara atau di atas mata. Jika ada kombinasi dengan tanda strip atau blaze, tanda bintang harus jauh lebih lebar dari pada tanda vertikal lainnya.
  • Snip: tanda putih di moncong, di antara lubang hidung.
  • White muzzle (Moncong putih): tanda putih yang menutupi seluruh moncong, atau sebagian besar.
  • Chin spot (Bintik dagu) : tanda putih kecil yang muncul di dagu.


Tanda-tanda ini dapat bervariasi dalam ukuran dan bentuk, dan dapat muncul sendiri atau dalam kombinasi satu sama lain.


Istilah tambahan yang digunakan untuk menggambarkan tanda wajah adalah sebagai berikut:
  • Faint: Tanda kecil namun permanen yang biasanya terdiri dari rambut putih tanpa kulit berwarna merah muda.
  • Interrupted: biasanya berupa tanda strip atau blaze, yang pecah dan tidak padat pada wajah.
  • Connected: Terkadang digunakan untuk menggambarkan beberapa tanda yang berbeda yang kebetulan saling terkait
  • Irregular/Crooked (Tidak teratur) atau crooked (bengkok): biasanya berupa strip atau blaze, yang memiliki jalur yang kurang atau tidak lurus.
  • Tanda pada bibir (Lip Marking): tidak memiliki nama khusus, biasanya digambarkan oleh lokasi, seperti "bibir bawah", "dagu", dan lain-lain.

Tanda pada kaki

Tanda pada kaki kuda biasanya digambarkan berdasarkan pada bagian bawah kaki kuda hingga titik tertinggi kaki kuda yang tertutup putih. Sebagai aturan umum, kuku kuda di bawah tanda putih di daerah coronary (coronet) band atau garis putih diatas kuku kuda, juga akan berwarna terang ("putih"). Jika seekor kuda memiliki tanda parsial atau bulu berpola bintik-bintik di daerah coronary, kuku mungkin akan berwarna gelap dan kombinasi warna terang, sesuai dengan warna bulu di atasnya.

Tanda pada kaki kuda

Dari tanda kaki pada umumnya dari yang tertinggi sampai terpendek adalah:
  • Stoking: tanda putih yang meluas setidaknya sampai ke bagian bawah lutut atau hock, terkadang lebih tinggi.
  • Sock: tanda putih yang meluas lebih tinggi dari pada fetlock atau sendi bagian bawah kaki kuda tapi tidak setinggi lutut atau hock. Penandaan ini terkadang disebut "boot".
  • Fetlock atau Sock: tanda putih yang meluas di atas fetlock, kadang disebut "boot".
  • Pastern: tanda putih yang meluas di atas bagian atas kuku, tapi berhenti di bawah fetlock.
  • Coronet: putih tepat di atas kuku, di sekitar coronary band, biasanya tidak lebih dari 1 inci (2,5 cm) di atas kuku.

Istilah tambahan yang digunakan untuk menggambarkan tanda kaki putih meliputi:
  • Irregular atau Tidak teratur: Penandaan dalam batasan luas ketinggian tertentu, namun dengan tepi yang tidak rata. Diindikasikan oleh titik putih tertinggi. Paling sering digunakan untuk menggambarkan jenis stoking tertentu.
  • Partial: Tanda tidak teratur yang hanya memperpanjang bagian kaki ke ketinggian yang ditunjukkan, kadang-kadang dengan sisi lain kaki gelap. Biasanya digunakan untuk menggambarkan kaus kaki dan tanda pendek lainnya.
  • "High White:" Stoking putih yang meluas di atas lutut, kadang-kadang meluas melewati perut, yang dianggap khas dari pola warna kuda sabino dengan warna belang/bercorak.
Istilah tambahan yang digunakan untuk menggambarkan tanda kaki kuda adalah sebagai berikut:

  • Ermine Spot: Tanda kecil putih pada belakang kaki, seringkali di atas bawah lutut atau hock. Disebut juga "Liripipe" jika terdapat pada tungkai depan.
  • Half Pastern: Tanda putih yang meluas hanya setengah dari bagian atas kuku.
  • Half Stocking: Tanda putih yang meluas setengah dari ketinggian kaki hingga di atas fetlock atau sendi bawah kaki.
  • Overo: Pola warna yang sering ditemukan pada kuda bermotif sabino, biasanya memiliki kepala dan leher yang tidak bercorak putih dan tanda putih tidak teratur pada kaki.

References: wikipedia, equestrianoutreach

No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection