Warna pada Kuda

Abu-abu (Gray)

Warna abu-abu bulu kuda ditandai dengan warna bulu yang keperakan. Sebagian besar kuda abu-abu memiliki kulit berwarna hitam dan mata berwarna gelap. Warna abu-abu tidak mempengaruhi warna kulit atau mata.

Saat dewasa, bulu mereka berwarna putih, dappled, atau putih bercampur dengan warna rambut lainnya. Kuda abu-abu dapat terlahir dengan warna dasar apa pun, tergantung pada gen warna lain yang ada. Bulu putih mulai muncul saat atau segera setelah lahir dan menjadi semakin lebih terang seiring usia kuda. Perubahan warna bulu dapat terjadi pada tahap yang berbeda-beda pada setiap kuda.

Gray



Dapple gray

"Dapple gray" adalah tahap peralihan warna yang tidak semuanya terlihat berwarna abu-abu, tetapi sering dianggap sangat menarik. Warna ini terdiri dari bulu tubuh berwarna gelap dengan "dapples," yang berupa corak bulu berbentuk cincin yang berwarna gelap dengan bulu yang berwarna lebih terang di bagian dalamnya. Corak ini tersebar di seluruh tubuh.

Dapple gray


Hitam (Black)

Kuda ini biasanya seluruh bulunya berwarna hitam. Bulu kuda nerwarna hitam relatif jarang, dan tidak jarang orang salah mengira dengan warna chestnut gelap atau bay.

Kuda hitam murni memiliki mata coklat gelap, kulit hitam, dan rambut hitam seluruhnya tanpa bagian rambut kemerahan atau kecoklatan. Mereka mungkin memiliki kulit merah muda di bawah tanda pada kuda yang berbulu putih, dan jika tanda putih tersebut termasuk satu atau kedua mata, mata mungkin berwarna biru. 


Kuda |Hitam

Bay

Bay adalah warna bulu pada kuda ysng ditandai tubuh berwarna coklat dengan surai, ekor, tepi telinga, dan kaki bagian bawah yang berwarna hitam. Bay adalah salah satu warna bulu yang paling umum pada banyak ras kuda.



Kastanye (Chestnut)

Kastanye atau Kastanya adalah warna bulu kuda yang berwarna coklat kemerahan dengan surai dan ekor yang berwarna sama atau lebih terang/muda maupun lebih gelap dibandingkan dengan warna bulu pada tubuh, tetapi tidak pernah benar-benar hitam. Secara genetik dan kasat mata, kastanye ditandai dengan tidak adanya rambut hitam yang benar-benar nyata. Ini adalah salah satu warna  bulu kuda yang paling umum, terlihat hampir di setiap jenis kuda.

Warna Kastanye paling gelap dapat menyebabkan kekeliruan dengan warna palomino, sementara nuansa yang paling gelap bisa begitu gelap hingga menyerupai warna hitam. Kastanye memiliki mata coklat gelap, kulit hitam, dan bulu tanpa warna hitam asli. Mereka mungkin memiliki kulit merah muda di bawah tanda berbulu putih, dan jika tanda putih tersebut termasuk salah satu atau kedua mata, mata mungkin berwarna biru.


Nama Kastanya (Castanea) sendiri berasal dari nama genus untuk delapan atau sembilan spesies pohon atau atau perdu peluruh dari famili Fagaceae asal wilayah iklim sedang di bumi belahan utara. Nama ini juga digunakan untuk biji yang bisa dimakan dari cupak (buah) berduri-duri tajam yang dihasilkan pohon ini. Dalam bahasa Inggris tumbuhan ini disebut chestnut. Tumbuhan ini dalam bahasa Indonesia juga disebut kastanye (dari bahasa Belanda: kastanje). - Wikipedia


Kuda berwarna Kastanye

Palomino 

Palomino adalah warna genetik pada kuda, terdiri dari bulu yang berwarna keemasan pada tubuh dengan surai dan ekor yang berwarna putih.








No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection