Kucing Karkal dan Burung Puyuh

Kisah Persahabatan di Gurun


English Version: Karkal the Cat and Quail the Bird

Folklor dari Papua

Di sebuah gurun yang luas dan tandus, terdapat kisah menarik tentang Kucing Karkal dan Burung Puyuh.

Kucing Karkal, yang terbiasa bertahan tanpa makanan selama berhari-hari, berusaha mencari mangsanya di oasis terdekat. Namun, nasib berkata lain ketika ia terluka oleh tulang yang dijatuhkan oleh seekor burung bangkai. Jeritan kesakitan Kucing Karkal mengundang perhatian Burung Puyuh, yang tadinya merupakan musuh alaminya.

Meskipun sebenarnya bermusuhan, Burung Puyuh merasa kasihan melihat luka Kucing Karkal. Ia menawarkan bantuan, namun ditolak. Kucing Karkal, meskipun skeptis, setuju untuk "tidak bermusuhan" agar Burung Puyuh dapat membantunya.

Dengan kesabaran dan kebaikannya, Burung Puyuh merawat luka Kucing Karkal hingga sembuh. Kucing Karkal, yang awalnya memiliki niat untuk menangkap Burung Puyuh, berubah pikiran setelah merasakan kebaikan hatinya. Ia memutuskan untuk tidak melupakan perbuatan baik Burung Puyuh dan meninggalkan oasis tanpa membahayakan teman baru tersebut.

Kisah ini mengajarkan tentang persahabatan yang muncul dari situasi tak terduga dan betapa pentingnya memberikan kesempatan pada orang untuk membuktikan kebaikannya.


Menghargai Kebaikan Meski dari Teman yang Tak Terduga

Pesan Moral: Kucing Karkal memutuskan untuk tidak melupakan kebaikan Burung Puyuh dan meninggalkan oasis tanpa membahayakan teman baru tersebut. Ini mengajarkan tentang pentingnya memberi kesempatan pada orang untuk membuktikan diri dan bagaimana persahabatan dapat tumbuh dari situasi yang tidak terduga. Pesannya adalah tentang menghargai kebaikan, bahkan dari mereka yang awalnya dianggap sebagai musuh.

November 15, 2023

Karkal


No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection