Wedhus Gembel

Wedhus Gembel: Menghormati Kekuatan Alam dalam Keseimbangan


English Version: Wedhus Gembel 

Folklor dari Jawa Tengah

Legenda Gunung Merapi dan Wedhus Gembel memiliki daya tarik yang luar biasa. Ketika Gunung Merapi meletus, memuntahkan Wedhus Gembel yang membelah awan, orang-orang merasakan getaran sejarah yang dalam. Wedhus Gembel, yang tampak seperti awan yang indah namun penuh bahaya, memiliki mitos yang menarik di baliknya.

Menurut cerita yang tersebar di masyarakat, ada kisah tentang perjuangan antara para dewa dan dua ahli keris sakti, Mpu Rama dan Mpu Pamadi. Ketika para dewa berupaya menyeimbangkan Pulau Jawa dengan meletakkan Gunung Jamurdipa di tengahnya, para pembuat keris menolak pindah dari tempat tinggal mereka di Yogyakarta.

Pertarungan sengit pun terjadi, dimana kekuatan para pembuat keris berhasil mematahkan senjata dewa. Namun, gunung yang semula akan diletakkan di tempat lain akhirnya terdampar tepat di atas tungku pembuatan keris sakti mereka.

Dari sana, saat gunung Merapi meletus, asap tebal berasal dari puncaknya, menciptakan Wedhus Gembel yang menggema sebagai peringatan akan pertarungan dahsyat tersebut.

Istilah "wedhus gembel" diambil dari bahasa Jawa, dengan "wedhus" yang berarti domba dan "gembel" merujuk pada bulu yang lebat. Secara harfiah, "wedhus gembel" berarti kambing atau domba yang berbulu gimbal. Namun, dalam konteks peristiwa vulkanik, istilah ini merujuk kepada awan panas.

 Mengapa? Karena gerakan dari Gunung Merapi yang bergumpal-gumpal dan berwarna keputihan terlihat dari jauh seperti bulu lebat yang ada pada domba atau wedhus. Oleh karena itu, warga setempat menyebut fenomena ini sebagai "Wedhus Gembel". Ini bukan hanya sekadar julukan untuk awan panas, tapi juga memberikan gambaran unik tentang bagaimana peristiwa alam bisa diberi nama yang mencerminkan penampakan dan gerakannya.


Pesan Moral: keseimbangan dan rasa hormat terhadap kekuatan alam

Legenda ini menggambarkan betapa pentingnya keseimbangan dan rasa hormat terhadap kekuatan alam. Meski dalam keindahan ada bahaya yang tersembunyi, mitos ini mengajarkan bahwa tindakan manusia dapat mempengaruhi kekuatan alam dengan konsekuensi yang mendalam dan mungkin tak terduga.


Gumpalan Gunung Berapi: Letusan yang Dramatis


No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection