Batu Menangis

Pilihan yang Mengubah: Hikmah dalam Memilih Pintu


English Version: The Crying Stone

Folklor dari suku Hubula Wamena, Papua

Dahulu kala, di sebuah desa dekat Danau Habema, di Puncak Trikora Wamena, hiduplah sepasang saudara. Mereka merasakan kedamaian bersama keluarga mereka dan desa yang penuh keramahan.

Desa ini terkenal karena menjaga adat-istiadatnya dan mempercayai hal-hal gaib. Mereka menghormati arwah nenek moyang dan keyakinan animisme mereka.

Suatu hari, sang kepala suku merencanakan sebuah pesta besar yang dinamai ewe ako. Pesta ini adalah tradisi turun-temurun suku Hubula, diadakan setiap lima tahun sekali untuk menyelesaikan masalah dan hutang di antara mereka menggunakan babi.

Sang saudara pergi ke hutan untuk mengumpulkan sayur-sayuran untuk pesta itu. Mereka menjelajahi hutan hingga ke kaki Gunung Trikora.

Gunung Trikora adalah tempat sakral yang harus dijaga kebersihannya. Tidak ada yang boleh membuang sampah atau mengotori daerah sekitar.

Saat mengumpulkan sayuran, sang adik merasa tak nyaman. Kakaknya memperingatkannya tentang larangan.

“Tahanlah, tunggu sampai kita kembali ke desa,” kata kakaknya.

Namun, sang adik tidak dapat menahan. Akhirnya, dia pergi untuk membuang hajat di semak-semak.

Saat selesai, dia membersihkan diri di batu terdekat. Tiba-tiba, dia tidak bisa berdiri.

“Kakak!” Serunya.

Kakaknya datang berlari.

Namun, tak ada yang bisa dilakukan. Gadis itu menangis sambil memeluk adiknya. Dia mengerti bahwa adiknya telah bersatu dengan alam karena melanggar adat. Alam akan menentang siapa pun yang melanggarnya.

Dikala ada yang merasa dingin, air mata anak itu akan mengalir, dan hujan akan turun di kampung mereka dan sekitarnya.

Konon, suara tangisannya terdengar di sekitar. Namun, ia tidak akan mengganggu siapa pun. Dia hanya mengubah suhu di sekitarnya.


Pesan Moral: Memilih pintu dengan bijak

Kita harus memilih pintu yang kita masuki dengan bijak, karena tak pernah tahu ke mana ia akan membawa kita. Memilih pintu dengan bijak adalah metafora untuk membuat keputusan yang tepat dalam hidup. Ini menggambarkan pentingnya mengambil pilihan yang baik, yang akan berdampak pada arah dan hasil perjalanan hidup kita. Mungkin tentang memilih jalan hidup, memutuskan antara beberapa opsi, atau membuat keputusan besar yang akan memengaruhi masa depan kita. Ini mengajarkan kita untuk mempertimbangkan pilihan dengan cermat, memahami konsekuensi dari pilihan tersebut, dan membuat keputusan yang sesuai dengan nilai-nilai dan tujuan kita.




No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection