Kisah Sumur Tujuh

English Version: The Legend of Seven Wells

Folklor dari Banten

Ada seorang gadis yang sangat cantik. Namanya Badariah. Dia tidak hanya cantik, tetapi juga sangat baik hati. Dia adalah putri seorang pedagang kaya. Ayahnya telah meminta dia untuk menikah. Namun, Badariah masih ingin menunggu pria yang tepat. Dan akhirnya keinginan Badariah menjadi kenyataan. Seorang pedagang muda datang ke desa dan berbisnis dengan ayahnya. Ketika pedagang muda itu bertemu dengannya, dia jatuh cinta padanya. Badariah juga mencintainya.

Pedagang muda itu tinggal lebih lama di desa. Dan ketika dia pikir sudah waktunya, dia datang kepada ayah Badariah untuk melamar dia. Ayah Badariah sangat bahagia. Dan dia menerima lamaran itu.

Pernikahan itu diatur. Keluarga sangat bahagia. Dan satu hari sebelum pesta pernikahan, pedagang muda itu datang kepada ayah Badariah. Ada sesuatu yang terjadi dengan keluarga pedagang muda itu di kampung halamannya. Dia harus segera pulang. Pesta itu ditunda.

Badariah sedih. Namun, dia mencoba menerimanya. Sudah bertahun-tahun dan dia tidak pernah mendengar kabar darinya. Akhirnya, pedagang muda itu mengirimkan utusannya kepadanya. Dia memberitahu Badariah bahwa pedagang muda itu membatalkan pernikahan!

Badariah sangat sedih! Dia terus menangis. Orangtuanya mencoba menghiburnya. Dan setelah waktu yang lama berlalu, Badariah akhirnya bisa melupakan pedagang muda itu.

Kemudian, datanglah seorang pedagang muda lain untuk berbisnis dengan ayah Badariah. Dia tampan dan sangat sopan. Dan ketika dia bertemu dengan Badariah, dia jatuh cinta padanya.

Badariah juga mencintainya. Tak lama kemudian, dia datang kepada ayah Badariah dan melamar dia. Lamaran itu diterima dengan baik. Pernikahan segera direncanakan.

Satu malam sebelum pernikahan, Badariah mendengar berita buruk. Calon suaminya sakit parah. Dia sangat lemah dan tidak bisa berdiri dengan sempurna. Pernikahan harus ditunda.

Kondisi pedagang muda semakin memburuk setiap harinya. Dia mendengar ada tabib hebat jauh dari desa. Dia memutuskan untuk meninggalkan Badariah dan pergi mencari tabib itu.

Sudah lama sejak calon suaminya itu pergi dan Badariah masih belum mendengar kabar darinya. Akhirnya seorang pria datang padanya. Dia adalah salah satu kru pedagang muda itu. Dia memberitahu Badariah bahwa pedagang muda itu membatalkan pernikahan.

Hati Badariah benar-benar hancur. Dia menangis terus-menerus. Dan dalam satu malam dia bermimpi. Seorang tua bijaksana datang padanya. Dia mengatakan bahwa dia akan menemukan suaminya setelah dia mandi di tujuh sumur. Untuk menemukan sumur-sumur itu, dia harus meditasi di puncak gunung. Orang tua itu juga memberitahunya untuk merawat sumur-sumur itu dan dia juga diminta untuk memberi tahu gadis-gadis lain yang memiliki masalah mendapatkan suami untuk mandi di tujuh sumur itu.

Badariah menceritakan mimpinya kepada orangtuanya. Dia mengatakan bahwa mimpinya mungkin petunjuk baginya untuk memiliki suami. Orangtuanya setuju tetapi dia harus ditemani oleh karyawan ayahnya. Gunung itu penuh dengan binatang liar, ayahnya ingin dia dilindungi.

Saat Badariah sedang meditasi, dia melihat visi tentang tujuh sumur. Dia berhenti meditasi dan mengikuti visi itu. Benar! Dia menemukan tujuh sumur itu. Dia segera mandi. Dan kemudian dia pulang.

Tidak lama setelah itu seorang pangeran dari Kerajaan Banten datang untuk melamarnya. Pangeran itu telah mendengar tentang Badariah yang cantik. Dan ketika akhirnya dia bertemu dengannya, dia melamarnya. Kali ini pernikahan berjalan sangat baik. Badariah sangat bersyukur. Dan seperti yang dijanjikan, dia merawat sumur-sumur itu.

Sekarang daerah itu dikenal sebagai Sumur Tujuh. Itu terletak di Serang, Banten. Sumur-sumur itu diurus oleh keturunan karyawan Badariah. Sampai sekarang, banyak gadis muda yang memiliki masalah mendapatkan suami mandi di sumur-sumur itu. ***



Sabar dan Keyakinan dalam Mencari Cinta Sejati

Pesan moral dari cerita ini adalah bahwa meskipun kita mungkin mengalami cobaan dan kesedihan dalam hidup, kita harus tetap bersikap sabar dan percaya bahwa segala sesuatu akan berjalan sesuai dengan rencana yang lebih baik. Badariah menghadapi beberapa cobaan dan kekecewaan dalam pencarian cintanya, tetapi dia tidak pernah kehilangan harapan. Akhirnya, kesabaran dan ketekunan Badariah membuahkan hasil, dan dia mendapatkan kebahagiaannya bersama dengan suaminya yang sejati. Selain itu, cerita ini juga mengajarkan tentang pentingnya menjaga kepercayaan pada diri sendiri dan mempercayai bahwa hal baik akan datang meskipun melalui masa-masa sulit.




No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection