Situ Buleud

Situ buleud  >> English Version click Here

Cerita Rakyat dari Jawa Barat

Kecamatan Purwakarta mempunyai danau kecil yakni situ buleud yang melambangkan kota
Purwakarta ini.

Situ buleud ini berasal dari Bahasa Sunda. Situ yang berarti danau kecil dan Buleud yang berarti Lingkaran. Jadi dapat diartikan Situ Buleud adalah danau kecil yang berbentuk lingkaran. Tetapi kalau dilihat dari atas tidak berbentuk lingkaran, melainkan berbentuk seperti stadion sepak bola.

Situ buleud menjadi tempat wisata dan berada pada jantung kota. Selain itu, Situ Buleud ini juga dijadikan tempat lari untuk setiap hari minggu saja. Ciri yang menjadi simbol situ ini juga adalah patung badak.

Menurut keterangan seorang sesepuh Purwakarta yang juga Sekretaris Musyawarah Bersama Masyarakat Purwakarta dan anggota panitia penelusuran sejarah Purwakarta, R.H. Garsoebagdja Bratadidjaja, pada zaman dahulu Situ Buleud merupakan tempat “pangguyangan” (berkubang) badak yang datang dari daerah Simpeureun dan Cikumpay serta dijadikan pula tempat minum bagi binatang lainnya. Namun sekarang sudah tidak karena badaknya sudah menjadi hewan langka.

Situ Buleud terbentuk karena ada mata air ditambah air hujan. Kemudian, pada zaman Belanda diperbesar. Karena dikhawatirkan airnya terus surut, dibuatlah saluran irigasi dari daerah Pasawahan.

sman1jatiluhur.sch.id
id.wikipedia.org

Badak Sumatra dan anaknya