Asal-usul Danau Laut Tador

English Version >> The Origin of Danau Laut Tador

Cerita Rakyat dari Sumatra Uttara

Di sebuah desa pada zaman dahulu, ada sepasang suami istri yang bekerja sebagai petani. Tador, putra mereka, lahir di kemudian hari. Kakek nenek Tador merawatnya karena orang tuanya harus berkerja di luar rumah. Dia dibesarkan oleh tetangga yang tidak memiliki anak setelah kakek dan neneknya meninggal.

Hingga pada usia sepuluh tahun, tetangga yang merawatnya pindah dari desa itu, meninggalkan Tador sendirian di rumah sepanjang hari. Karena ladangnya jauh dan Tador dianggap terlalu muda, orang tuanya ragu untuk membawanya ke sana.

Meski kecewa, Tador menurut dan menghabiskan hari-harinya bermain dengan teman-temannya. Tador menemukan hal baru saat bermain di desanya. Tador meningkatkan keterampilan berenang, memanjat pohon, dan memancing sebagai hasil dari ketekunannya.

Tador, di sisi lain, menyembunyikan semua kemampuannya dari orang tuanya, berjanji untuk mengungkapkannya ketika dia cukup dewasa. Pasalnya, orang tua Tador melarangnya melakukan hal berbahaya demi anak tunggalnya.

Tador memberi tahu ayah dan ibunya tentang kemampuannya ketika dia dianggap cukup dewasa, pada usia dua belas tahun. Namun, orang tua Tador kesal karena dia tidak pernah memberi tahu mereka dan menuduhnya berbohong. Karena masih dianggap anak-anak, Tador tidak diperbolehkan membantu ayah dan ibunya di ladang. Tador juga ditinggal sendirian di rumah sementara orang tuanya pergi ke ladang.

Sebentar lagi, menjelang bulan Ramadan, warga Desa Tador akan menggelar marpangir, yaitu mandi bersama dengan campuran bunga dan rempah-rempah dilanjutkan dengan makan bersama. Keluarga Tador berniat memasak gulai ayam dan sayur pepaya untuk dibagikan kepada warga bantaran sungai.

Tador sangat senang karena ini adalah marpangir pertamanya; pada tahun-tahun sebelumnya, dia dilarang berpartisipasi, tidak seperti anak-anak lain di desanya. Tador dengan senang hati membantu orang tuanya bersiap-siap, namun pada hari yang ditentukan, Tador jatuh sakit dan suhu tubuhnya menjadi tinggi. Dia hanya bisa berbaring, tapi jauh di lubuk hati dia berharap bisa bergabung dengan marpangir.

Tubuh Tador melemah dan semakin lemah saat dia mencoba untuk bangun. Ayah dan ibunya kebingungan saat menjelang siang dan nasi serta lauk sudah disiapkan. Akhirnya ayah dan ibuku berkata dengan berat hati bahwa mereka akan tetap pergi ke Marpangir tanpa Tador. Mereka beralasan karena Tador sudah terbiasa ditinggal sendirian di rumah, tidak apa-apa meninggalkannya sendirian. Tador sedih dan kecewa mengetahui hal ini; dia berharap untuk pergi marpangir seperti anak-anak lain seusianya.

Tador menangis saat menyadari orang tuanya pergi tanpa dia. Sang ibu membujuk sang ayah untuk menggendong Tador dan bergabung dengan mereka. Namun ayahnya menolak karena khawatir penyakit Tador akan semakin parah. Mereka akhirnya bentrok, dan suara pertengkaran orang tuanya memperparah tangisan Tador.

Tador tidak bisa berhenti menangis meski orang tuanya berusaha. Akhirnya sang ibu menjadi marah. Ibu Tador bergegas menyuruh ayahnya segera pergi, meninggalkan Tador di rumah yang terkunci. Tador masih menangis di tempat tidurnya, tubuhnya lemas dan tidak bisa bergerak. Tidak ada yang mendengar teriakannya karena seluruh desa rupanya sudah berangkat ke marpangir.

Kekuatannya akhirnya habis. Meski demikian, air mata Tador terus berjatuhan, membasahi pakaian dan tempat tidurnya. Tador tidak bisa menahan air matanya, dan tubuhnya semakin lemah. Air matanya tidak bisa berhenti jatuh karena kesedihannya begitu dalam.

Orang tua Tador dan penduduk desa merayakan marpangir di tempat lain. Kegembiraan yang mereka rasakan membuat mereka lupa waktu hingga senja tiba. Mereka kemudian pulang ke rumah, diliputi kemeriahan bulan puasa. Namun, ketika mereka tiba di gerbang desa, mereka terkejut karena desa mereka terendam air. Rumah dan ternak juga hilang.

Ibu dan ayah Tador resah karena tak bisa menemukan anak tunggalnya. Air mata Tador telah menenggelamkan desanya, namun Tador telah lenyap. Air banjir semakin naik, dan warga berteriak ketika mereka melihat desa mereka banjir tanpa hujan atau badai.

"Laut! Laut!" teriak mereka, memberi peringatan karena desa mereka sudah dipenuhi air seperti lautan.

Sementara itu, ibu dan ayah Tador terus memanggil nama anaknya karena putus asa dan bersalah.

"Tador! "Tador!" teriak mereka, berharap anaknya akan menjawab.

Suara gemuruh orang-orang yang melihat air bah yang naik membentuk seperti laut di desa itu kini dikenal sebagai Danau Laut Tador.

Cerita rakyat ini kemudian menjadi pengingat bahwa Tuhan menitipkan anak kepada orang tua dan tidak boleh ditelantarkan.


Apakah kamu tahu?

Marpangir berasal dari kata "Pangir" dan kata kerja "Mar" dalam bahasa Indonesia. "Mar" sama dengan "Ber", sedangkan "Pangir" adalah "Ramuan." Daun pandan, bunga kenanga, akar wangi, dan ampas kelapa dijemur kemudian direbus, dan bahan siap digunakan untuk Marpangir. Marpangir biasanya dilakukan sendiri di rumah, di pemandian umum, atau di lokasi Marpangir yang ramai. Olahraga air sangat populer.

No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection