Kisah Si Kancil dan Buaya

Buaya yang Tertipu: Kisah Kecerdasan dan Kejujuran


English Version: Mouse-deer and Crocodile

Fabel Nusantara tentang Kancil

Kancil, yang merasa lapar dan melihat buah-buahan yang menggiurkan di seberang sungai, terpaksa berpikir keras untuk menyeberang. Aliran sungai yang deras dan lebar terasa seperti rintangan tak terlampaui. Saat itulah ia melihat beberapa buaya berjemur di tepi sungai.

Kancil dengan sigap memikirkan rencana cemerlangnya. Dia memanggil buaya dengan suara penuh semangat, "Eh, buaya-buaya! Aku punya kabar hebat untukmu!"

Buaya-buaya itu tertarik dan mendekat, ingin tahu apa kabar yang dimaksud oleh si Kancil.

"Kabar baiknya adalah aku akan memberikan daging segar kepada setiap buaya di sungai ini!" seru Kancil dengan senyum liciknya.

Kabar ini membuat buaya-buaya itu sangat senang dan mereka segera memanggil teman-temannya. Mereka berkumpul di tepi sungai, siap menerima hadiah dari si Kancil.

Namun, si Kancil dengan liciknya menyuruh mereka berbaris untuk menerima daging, dengan alasan ingin menghitung jumlah mereka. Para buaya percaya dan segera membentuk jembatan hidup dengan tubuh mereka.

Ketika jembatan hidup buaya-buaya itu terbentuk, si Kancil segera melompat dari satu buaya ke buaya lainnya, berpura-pura menghitung mereka. Ketika dia hampir sampai di seberang, dia tertawa terbahak-bahak.

"Ha! Aku tidak membawa daging apa pun! Aku hanya membutuhkan jalan untuk menyeberang. Terima kasih atas 'jembatan' kalian!" kata Kancil dengan nada tertawa.

Para buaya merasa tertipu dan marah. Mereka berusaha menangkap si Kancil, tapi si Kancil telah melarikan diri ke dalam hutan dengan cepat, meninggalkan buaya-buaya itu dengan rasa kecewa.


Pesan Moral: Menggunakan Kecerdikan dengan Kebaikan

Pesannya adalah agar anak-anak belajar bahwa kecerdikan harus digunakan untuk hal-hal yang baik dan jangan meniru perilaku licik si Kancil yang menggunakan kecerdikannya untuk menipu buaya-buaya di sungai.



No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection