Lau Kawar


Lau Kawar >> English version

Cerita rakyat dari Sumatera Utara

Pada suatu hari hari yang indah, semua orang di desa Kawar merasa senang. Para petani hanya memiliki panen terbaik mereka. Semua lumbung penuh beras. Para penduduk desa berencana untuk mengadakan pesta untuk merayakan panen yang baik.

Suatu hari, semua penduduk desa berkumpul di lapangan. Mereka mengenakan gaun indah dan membuat makanan lezat. Semua orang memiliki saat yang baik! Mereka bernyanyi, tertawa, dan tentu saja, makan makanan lezat. Apakah semua orang pergi ke pesta?

Sayangnya, ada satu wanita tua masih tinggal di rumahnya. Dia terlalu tua dan lemah untuk pergi ke pesta. Anaknya, putri menantu, dan cucu-cucunya semua pergi ke pesta. Di rumah, wanita tua merasa sangat sedih dan kesepian. Dia sangat lapar juga.

Tapi ketika ia mencoba untuk menemukan beberapa makanan di dapur, dia sangat sedih. Menantunya tidak memasak hari itu.

Di pesta itu, anak itu bertanya istrinya, "Mengapa kamu tidak mengambil beberapa makanan di pesta dan memberikannya kepada ibuku. Suruh anak kita untuk mengirimnya."

Kemudian anak kecil membawa makanan untuk neneknya. Wanita tua sangat bahagia. Tapi kebahagiaan berubah menjadi kesedihan saat melihat makanan yang tidak dalam kondisi terbaik. Tampaknya bahwa seseorang telah memakan makanan. Hanya sedikit nasi dan ikan yang hanya berupa tulang.

Kemudian, wanita tua menangis dan menangis. Dia sangat sedih. Dia berpikir hal-hal buruk tentang anaknya. Dia berpikir bahwa anaknya telah mengabaikannya. Wanita tua tidak tahu bahwa itu adalah cucunyalah yang memakan makanan. Dia melakukan itu dalam perjalanan dari partai ke rumah. Tapi sudah terlambat. Wanita tua itu sangat sedih dan marah. Dia mengutuk anaknya.

Kemudian, hal yang luar biasa terjadi. Ada gempa bumi yang dahsyat! Guntur melanda desa. Dan hujan lebat mulai turun. Semua penduduk desa sangat takut. Mereka ingin menyelamatkan diri. Mereka mencoba untuk mencari tempat berlindung. Perlahan-lahan, lapangan berubah menjadi danau. Danau itu semakin besar dan besar dan akhirnya seluruh desa berubah menjadi danau besar. Orang kemudian diberi nama danau Lau Kawar. ***


Tahukah kamu?

Danau Lau Kawar, adalah satu danau yang berada di berada di Desa Kutagugung, Kecamatan Naman Teran (dulu Kecamatan Simpang Empat), di bawah kaki gunung berapi Sinabung, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. (wiki)

Danau Lau Kawar