Mah Bongsu dan Ular

Mah Bongsu and A Snake >> English version

Cerita Rakyat dari Batam

DAHULU kala di Batam, hidup seorang anak yatim piatu bernama Mah Bongsu. Dia adalah seorang gadis yang baik. Mah Bongsu miskin. Untuk mencari nafkah, ia bekerja sebagai pembantu di rumah seorang wanita kaya, namanya Mak Piah. Dia memiliki seorang putri bernama Mayang. Mah Bongsu dan Mayang berada di usia yang sama.

Mak Piah adalah seorang wanita kejam. Dia selalu meminta Mah Bongsu bekerja keras, dia sering memukul Mah Bongsu dan kadang-kadang ia tidak memberikan cukup makanan untuk Mah Bongsu. Mah Bongsu tak berdaya. Dia tidak bisa berbuat apa-apa.





Dia kesepian dan dia tidak memiliki tempat lain untuk tinggal. Setiap hari dia berdoa kepada Tuhan. Dia ingin memiliki kehidupan yang lebih baik. Mah Bongsu sedang mencuci pakaian di sungai. Tiba-tiba dia melihat seekor ular besar berenang ke arahnya. Mah Bongsu takut. Dia ingin melarikan diri. Namun, ia melihat ular terluka. Itu berdarah. Mah Bongsu merasa kasihan kepada ular. Hati-hati, dia membawa ular rumah. Dia meletakkan ular di kamarnya dan menyembuhkan luka.

Ketika Mah Bongsu sedang menyembuhkan luka, sepotong kulit ular terlepas. Mah Bongsu mengambilnya. Hebatnya kulit berubah menjadi emas. Mah Bongsu senang. Sehari-hari ular melepaskan kulitnya dan kulit itu selalu berubah menjadi emas. Mah Bongsu mengumpulkan semua emas dan menyimpannya. Dia ingin menjualnya nanti. Mah Bongsu menjual semua emas dan ia menjadi gadis kaya. Dia tidak bekerja untuk Mak Piah lagi. Dia lebih kaya dari Mak Piah. Mah Bongsu juga membantu semua orang miskin. Dia membeli sebuah rumah besar dan dia membawa ular itu dengan dia.

Mak Piah sangat cemburu. Dia begitu penasaran. Dia ingin tahu bagaimana Mah Bongsu mendapat kekayaan. Diam-diam, dia pergi ke rumah Mah Bongsu ini. Dia melihat Mah Bongsu sedang menyembuhkan ular.

Kemudian, Mak Piah meminta putrinya, Mayang, untuk pergi ke sungai. Dia meminta Mayang untuk menemukan ular terluka.

Dan ketika Mayang akhirnya menemukan seekor ular yang terluka, ia membawanya ke rumah. Sayangnya, ular itu menggigit dan meracuninya. Mayang langsung meninggal. Mak Piah takut, dia mencoba melarikan diri. Tepat sebelum dia meninggalkan rumah, ular itu mampu menggigitnya. Dan dia juga akhirnya meninggal.

Sementara itu, ular yang terluka di rumah Mah Bongsu ini akhirnya sembuh. Hebatnya, ular berubah menjadi seorang pria tampan.

"Terima kasih, Mah Bongsu. Sebenarnya, aku pangeran. Seorang penyihir mengutuk saya menjadi ular. Dan terima kasih kepada Anda saya berubah menjadi seorang pria sekarang. Karena Anda sudah membantu saya, saya ingin melamar Anda untuk menjadi istri saya. Maukah kau menikah denganku?" tanya sang pangeran.

Mah Bongsu sangat bahagia. Dia menerima lamaran itu dan tinggal bersama sang pangeran. Sejak itu orang memberi nama sungai di mana Mah Bongsu menemukan suaminya sebagai Sungai Jodoh. ***


No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection