Sangi Sang Pemburu




Sangi the Hunter >> English Version

Cerita Rakyat dari Kalimantan Tengah

DAHULU kala di Kalimantan Tengah, ada seorang pemburu yang hebat bernama Sangi. Setiap kali ia pergi ke hutan untuk berburu, ia membawa banyak hewan rumah. Sangi tinggal bersama keluarganya di sebuah sungai.

Seperti biasa, Sangi pergi ke hutan. Dia melihat jejak kaki babi liar. Dia perlahan-lahan mengikuti jejak itu dan berakhir di sebuah pohon besar. Sangi berpikir babi itu ada balik pohon. Perlahan ia berjalan di sekitar pohon maka ia benar-benar kagum. Dia melihat naga besar sedang berusaha untuk menelan babi liar. babi itu begitu besar dan naga tidak bisa menelannya dengan mudah.







Setelah beberapa kali mencoba menelan, akhirnya naga menyerah. Tiba-tiba, naga memandang Sangi. Dia benar-benar terkejut! Dia ingin berlari sangat cepat. Dia pikir naga akan memakannya hidup-hidup.

Meskipun Sangi telah mencoba untuk menjalankan, kakinya tidak bisa bergerak sama sekali. Naga perlahan datang kepadanya. Kemudian mereka berhadapan. Ketika naga itu persis di depannya, itu berubah menjadi asap. Ketika asap itu pergi, ada seorang pria tampan.

Dia mengatakan, ''Makan bahwa babi liar. Ini adalah hukuman untuk melihat saya mencoba untuk makan. ''

'' Saya tidak bisa. Saya seorang manusia. Aku tidak bisa memakan babi liar yang besar,'' kata Sangi.

''Ya kamu bisa. Jika Anda naga, Anda bisa makan babi itu, '' kata pria itu.

Kemudian Sangi berubah menjadi naga. Setelah itu, ia makan babi. Kemudian, ia berubah kembali sebagai manusia.

''Apa yang terjadi padaku? Mengapa saya bisa mengubah seperti seekor naga? '' Kata Sangi.

''Hal ini juga terjadi pada saya tahun lalu. Aku melakukan apa yang Anda lakukan. Aku melihat naga makan kemudian naga membuat saya naga. Ini sangat bagus untuk menjadi seperti kita. Kami adalah setengah naga setengah manusia. Anda dapat mengubah menjadi naga atau kapan manusia Anda suka. Selain itu, Anda bisa selamanya muda. Aku berusia lebih dari 100 tahun tapi aku masih terlihat muda, khan? '' kata pria itu.

Ia melanjutkan, ''Ada satu syarat yang harus Anda lakukan. Jangan bilang kepada siapapun bahwa Anda adalah setengah naga dan setengah manusia. Jika Anda melakukannya, Anda bisa menjadi naga selamanya dan tidak dapat berubah kembali menjadi manusia,'' kata pria itu.

Setelah itu, ia menghilang.

Sejak itu, Sangi memiliki dua kehidupan, satu sebagai naga dan satu sebagai manusia. Dia juga tampak muda meskipun ia benar-benar tua. Orang-orang selalu bertanya tentang rahasianya, tapi dia tidak pernah mengatakan kepada mereka mengapa ia bisa tampak muda selamanya.

Pada ulang tahunnya yang ke-150, orang tidak bisa tahan lagi. Semakin banyak orang bertanya kepadanya. Sangi menyerah. Dia mengatakan kepada mereka bahwa ia sebenarnya setengah naga setengah manusia. Orang-orang menertawakannya. Mereka tidak percaya bahwa.

'' Saya naga!'' Teriak Sangi. Dia marah karena mereka tidak percaya padanya.

Tepat setelah Sangi selesai mengatakannya, tubuhnya gemetar. Perlahan-lahan ia berubah menjadi seekor naga. Orang-orang ketakutan. Mereka melarikan diri.

Sangi benar-benar sedih. Dia menyesal untuk memberitahu mereka rahasianya. Dia tahu dia tidak bisa hidup di desa dengan keluarganya lagi. Ia pergi ke sungai dan tinggal di sana. Sejak itu, orang yang bernama sungai sebagai Sungai Sangi. ***




Ayo Baca Cerita yang Lain!

No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection