Cermin Ajaib

The Magic Mirror | English Version

Cerita Rakyat dari Sulawesi Tengah

Ada seorang raja tua. Dia memiliki tiga putra dari gundiknya. Ratu sudah lama pergi. Tidak ada yang tahu kemana dia pergi. Sang raja tidak sehat secara fisik. Usia tuanya membuatnya tidak mampu bekerja dengan baik. Dia mudah jatuh sakit.

Raja merasa sudah waktunya baginya untuk turun dan memilih raja baru. Kerajaan itu memiliki tradisi yang unik. Tidak seperti kerajaan lainnya, anak tertua raja tidak akan otomatis menjadi raja baru. Jadi, bagaimana mereka bisa mendapatkan raja baru? Raja memiliki cermin ajaib. Saat seseorang melihat wajahnya di cermin, cermin itu bisa menunjukkan kepribadiannya yang sejati dan nyata.

Raja berbicara kepada ketiga putranya.

"Ini waktunya bagi kita untuk memiliki seorang raja baru, saya akan segera turun, anak-anak saya Jadi, tolong siapkan diri Anda Besok saya akan menghadirkan cermin ajaib dan saya ingin Anda bertiga menatap wajah Anda di cermin. Cermin itu mampu menunjukkan kepribadian sejati Anda. " Ketiga putra itu senang.

Nah, mereka sudah menunggu saat ini. Mereka mempersiapkan diri. Mereka memotong rambut mereka dan mengenakan pakaian terbaik mereka.

Keesokan harinya, ketiga putra itu berdiri di depan raja. Ibu mereka, selir raja, juga ada di sana. Dia sangat senang karena salah satu anaknya akan menjadi raja baru.

Raja meminta putra pertamanya untuk maju dan melihat wajahnya di cermin. Dia tampan dan tersenyum manis. Dia berjalan dengan percaya diri. Saat melihat wajahnya di cermin, sang raja terkejut. Cermin itu memantulkan wajah dengan tanduk! Anak sulung sangat malu.

Putra kedua maju ke depan. Dia juga tampan. Namun saat melihat wajahnya di cermin, ada bayangan wajahnya dengan gigi yang panjang dan tajam!

Kemudian tiba waktunya untuk anak ketiga. Dia juga tampan. Sayangnya, cermin itu tidak menunjukkan wajahnya yang tampan. Sebagai gantinya, ada bayangan wajahnya dengan mata merahnya. Dia melihat
sangat menakutkan! Raja sangat kecewa.

Dia menyadari bahwa ketiga putranya memiliki kepribadian buruk yang tidak dia ketahui. Namun raja merasa lega. Jika salah satu anaknya menjadi raja baru, kerajaan akan mendapat masalah. Itu karena raja memiliki kepribadian buruk.

Raja punya ide. Dia mengundang orang-orangnya dan meminta mereka untuk melihat wajah mereka di cermin. Jika cermin menunjukkan bayangan seseorang dengan wajah tampan, pria itu akan menjadi raja baru.

Banyak pria begitu bersemangat saat mereka mendengar undangan raja. Satu per satu, pria datang ke istana. Sayangnya, cermin selalu menunjukkan sisi buruknya.

Seorang wanita tua dan jelek datang bersama anaknya. Dia juga jelek. Orang-orang menertawakan mereka. Mereka mengatakan bahwa cermin itu akan menunjukkan wajah jelek pria tersebut.

Wanita tua dan anaknya sama sekali tidak peduli. Pria jelek itu melihat wajahnya di cermin. Raja terkejut! Cermin itu menunjukkan pria yang sangat tampan. Raja sangat bahagia. Akhirnya dia menemukan seorang raja baru.

Raja bertanya, "siapa kamu?"

Pria itu tidak menjawab. Dia membiarkan ibunya menjawab pertanyaan raja.

"Yang Mulia, bukankah kamu mengenaliku? Akulah istrimu dan dia adalah anakmu. Selir bertanya pada seorang penyihir kepadaku, saya menjadi sangat jelek dan saya harus meninggalkan istana ini karena saya tidak ingin mengecewakan Anda. Saya hamil saat meninggalkan istana. Mantra bisa rusak saat anak kami melihat wajahnya di cermin ajaib. "

Hebatnya, wanita tua dan putranya perlahan berubah. Dia masih tua tapi terlihat cantik dan anaknya menjadi sangat tampan.

Raja sangat terkejut saat melihat istrinya yang sudah lama hilang. Dia mengira istrinya telah meninggal. Dia segera meminta tentaranya untuk memasukkan selir ke dalam penjara. Dia marah padanya! Namun dia bersyukur akhirnya menemukan istri dan anaknya menjadi raja baru. ***

Ukiran Toraja

Tongkonan Toraja

No comments: