Indramayu

Indramayu >> English Version

Asal Usul nama Indramayu

Cerita Rakyat dari Jawa Barat

WIRA Lodra adalah seorang pria muda dan tampan. Dia memiliki kekuatan supranatural. Banyak gadis-gadis yang menyukainya. Dan salah satunya adalah Putri Kedasih. Dia benar-benar mencintainya dan telah mencoba membujuknya untuk menikahinya.

Namun, Wira Lodra metolak cintanya. Dia sudah mencintai seorang gadis, namanya Darma Ayu. Dia bukan hanya gadis biasa. Dia adalah seorang dewi dari surga. Dia begitu cantik.

Wira Lodra dan Darma Ayu berada dalam dilema. Semua dewa dan dewi tidak menyetujui hubungan pasangan itu.

"Kau tahu bahwa kau tidak dapat memiliki hubungan dengan manusia," kata salah satu dewa.

"Aku tahu ... Tapi aku benar-benar mencintainya," kata Darma Ayu.

"Hubunganmu dengan manusia telah membuatmu berdosa. Kau harus menyucikan diri dari dosa," kata salah satu dewi.

"Apa yang harus saya lakukan?" tanya Darma Ayu.

"Kami akan menempatkanmu di satu tempat. Di sana Kau harus memimpin rakyat. Kau akan menjadi ratu mereka. Dan setelah orang-orang hidup sejahtera, Kau dapat kembali ke surga."

Darma Ayu sedih. Dia benar-benar mencintai Wira Lodra meskipun dia tahu itu salah.

Kemudian para dewa dan dewi menempatkan Darma Ayu di tepi sungai dari Sungai Cimanuk. Di sana ia menjadi ratu. Dia memimpin rakyat dengan bijak. Perlahan-lahan semakin banyak orang yang datang. Mereka menjadi makmur.

Sementara itu, Wira Lodra sedang mencari Darma Ayu di mana-mana. Dia benar-benar kehilangannya. Dan ketika ia mendengar bahwa banyak orang tinggal di sisi Sungai Cimanuk, dia pergi ke sana. Dia mendengar bahwa tempat itu dipimpin oleh seorang wanita yang sangat cantik. Dia berharap bahwa wanita adalah Darma Ayu.

Dan dia benar! Wanita itu Darma Ayu. Pasangan ini akhirnya bertemu lagi. Mereka benar-benar bahagia, Dan kali ini Darma Ayu lupa akan hukumannya. Dia hanya ingin hidup dengan Wira Lodra.

Mereka akan menikah. Namun, sebelum pernikahan dimulai, sesuatu terjadi. Putri Kedasih, wanita yang benar-benar mencintai Wira Lodra, datang. Rupanya dia masih mencintainya meskipun Wira Lodra sudah menolaknya.

Dia datang dan mengatakan Darma Ayu bahwa Wira Lodra adalah suaminya. Dia menunjuk perutnya yang besar. Itu hanyalah sebuah kebohongan. Dia berpura-pura hamil hanya untuk membuat Darma Ayu marah.

"Wira Lodra adalah suami saya. Dengar, aku hamil. Dia adalah ayah dari bayi saya," kata Putri Kedasih.

Dia berhasil. Darma Ayu sangat marah.

"Anda mengatakan bahwa Anda benar-benar mencintaiku. Tapi kenapa kau menikah dengan orang lain?" tanya Darma Ayu.

Dia begitu sedih bahwa dia meninggalkan Wira Lodra. Dia kembali ke surga.

"Tidak, tolong, jangan tinggalkan aku .... aku masih mencintaimu. Aku tidak pernah menikahinya. Tolong kembali kepadaku!" teriak Wira Lodra.

Wira Lodra sangat sedih. Dan dia juga sangat marah pada Putri Kedasih. Dia memintanya untuk meninggalkannya dan pergi menjauh dari dia selamanya.

Orang-orang selalu berbicara tentang tragedi itu. Mereka selalu berbicara tentang Darma Ayu, yang perlahan-lahan berubah menjadi Indramayu. ***

Kabupaten Indramayu adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia.

Tugu Mangga, Indramayu

No comments: