Dang Gedunai

Dang Gedunai >> English Version

Folklore dari Riau

SEKALI kala di Riau, hiduplah seorang anak bernama Dang Gedunai. Dia tinggal dengan ibunya. Ayahnya meninggal ketika ia masih bayi. Dang Gedunai adalah anak yang keras kepala. ibunya sedih. Dia adalah satu-satunya anak tapi dia tidak pernah membuatnya bahagia.

"Ibu, aku ingin pergi ke sungai. Saya ingin pergi memancing," kata Dang Gedunai.

"Hari berawan di luar. Hujan akan turun. Kenapa tidak tinggal di rumah? "

Seperti biasa Dang Gedunai mengabaikannya. Dia kemudian pergi ke sungai. Hari sangat berawan ketika ia tiba di tepi sungai. Segera itu gerimis tapi Dang Gedunai masih sibuk memancing. Kemudian hujan jatuh berat. Dang Gedunai akhirnya menyerah. Namun tepat sebelum ia pergi, ia melihat sesuatu yang bersinar di sungai.

Itu telur sangat besar. Hati-hati, Dang Gedunai membawa pulang telur. Ibunya terkejut melihat dia membawa telur besar.

"Apa telur itu? Di mana Anda menemukannya?"

"Di sungai, Ibu."

"Hati-hati dengan telur. Anda harus mengembalikannya," jawab ibunya.

Seperti biasa, ia mengabaikan nasihat ibunya. Ia berencana untuk merebus telur dan memakannya.

Di pagi hari, ibunya sudah siap untuk pergi ke sawah. Sekali lagi, ia menyarankan dia untuk meletakkan telur kembali ke sungai. Dang Gedunai tidak mengatakan apa-apa.

Ketika ibunya meninggalkan rumah, ia langsung rebus telur. Ketika itu dimasak, ia makan. Itu begitu lezat. Dia begitu penuh maka ia tertidur. Dia memiliki mimpi. Naga raksasa datang kepadanya.

"Kau mencuri telur saya. Untuk hukuman, Anda akan menjadi naga!"

Dang Gedunai terbangun. Dia merasa sangat haus. Kemudian ibunya pulang.

"Apa yang terjadi?"

"Saya tidak tahu. Tiba-tiba aku merasa sangat haus. tenggorokan saya sangat panas."

Ibunya kemudian memberinya segelas air. Itu cukup. Dia minum segelas lagi, kemudian gelas lagi, kemudian kaca lain sampai tidak ada air di dalam rumah. Ibunya meminta dia untuk pergi kolam. Dang Gedunai minum semua air sampai kolam dikeringkan. Tapi itu tidak cukup. Kemudian mereka pergi ke sungai.

Sekali lagi itu tidak cukup. Dang Gedunai tahu mimpinya akan menjadi kenyataan. Ia akan menjadi seekor naga.

"Ibu, maafkan saya. Aku mengabaikan Anda. Aku makan telur. Itu telur naga. Aku akan berubah sebagai naga. Aku tidak bisa hidup dengan Anda lagi. Aku akan hidup di laut. Jika Anda melihat gelombang besar di laut, itu berarti aku makan. Tetapi jika gelombang tenang, maka aku tidur," kata Dang Gedunai.

teriak ibunya. Lalu perlahan-lahan Dang Gedunai meninggalkannya. Ibunya kemudian mengatakan kepada penduduk desa untuk tidak pergi ke laut saat gelombang besar. anaknya makan.

Sampai saat ini nelayan tidak ingin pergi memancing di laut saat ombak besar. Mereka tahu naga adalah makan. Mereka hanya menunggu sampai naga selesai makan dan gelombang yang tenang. ***


Nelayan

No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection