Pangeran Alit

Prince Alit >> English Version

Cerita Rakyat dari Sumatera Selatan

Ada seorang raja yang istrinya adalah seorang dewi dari surga. Raja memiliki tiga anak, dua putra dan satu anak perempuan. Nama anak laki-laki itu adalah Pangeran Kuning dan Pangeran Alit. Nama anak perempuannya adalah Dayang Bulan.

Sebelumnya, keluarga raja tinggal di surga bersama keluarga ratu. Keluarga ratu benar-benar mencintai anak-anak ratu. Ibu ratu telah mengajar Pangeran Kuning, Pangeran Alit, dan Dayang Bulan banyak keterampilan supernatural.

Suatu hari, ular memakan sedikit Dayang Bulan. Dia sangat menderita racun ular itu. Dia tidak bisa menahan rasa sakitnya, tidak lama kemudian dia meninggal.

Pangeran Kuning dan Pangeran Alit tidak percaya bahwa adik perempuan tercinta mereka telah meninggal dunia. Mereka tidak ingin mempercayainya. Mereka berbicara dengan raja.

"Ayah, Dayang Bulan tidak mati, saya yakin dia diculik oleh orang jahat," kata Pangeran Alit.

"Tidak, Nak, Dayang Bulan telah meninggal, kamu harus menghadapinya," kata sang Raja.

"Tapi kami yakin dia masih hidup. Ayah, tolong beritahu kami," kata Pangeran Kuning.

Raja tidak bisa menghentikan permintaan putranya. Dia akhirnya membiarkan mereka menemukan Dayang Bulan.

Kedua pangeran meninggalkan istana dan memulai perjalanan mereka. Mereka bertemu dengan seorang pria di hutan. Namanya Serincung Dabung. Dia tampak lelah.

"Apa yang kamu lakukan di sini?" Tanya Pangeran Alit.

"Saya sedang mencari kakak perempuan saya, namanya Dayang Ayu, orang bilang dia sudah mati karena ular menggigitnya, tapi saya yakin dia diculik oleh seorang jahat bernama Malim Putih. Dia adalah putra Raja Negeri Salek Alam, "jelas Serincung Dabung.

"Anda yakin?" Tanya Pangeran Kuning.

"Ya, saya, saya adalah peramal, saya tahu hal-hal yang kebanyakan orang tidak tahu."

"Bisakah anda membantu kami? Kami juga mencari saudara perempuan kami, namanya Dayang Bulan," tanya Pangeran Alit.

Nah, Serincung Dabung tahu bahwa Dayang Bulan juga diculik oleh saudara laki-laki Malim Putih. Nya Malim Hitam. Sayangnya, Serincung Dabung tidak tahu dimana gadis-gadis itu dipelihara. Jadi, ketiganya terbelah dan mencoba menemukan dimana gadis-gadis itu disembunyikan.

Pangeran Alit sedang berjalan. Dia tersesat dan tiba di kerajaan jin. Raja menyambutnya dengan baik. Dia bertanya mengapa Pangeran Alit hilang. Dia mengatakan kepada raja bahwa dia ada di sana. Mencari adiknya

Nah, raja jin tahu dimana Dayang Bulan dan Dayang Ayu dijaga. Dia akan membantu Pangeran AIit tapi dia harus berjanji untuk menikahi putri Raja tersebut.

Raja memperkenalkan putrinya kepada Pangeran Alit. Sang putri begitu cantik. Pangeran Alit jatuh cinta pada pandangan pertama.-Dia setuju untuk menikahi sang putri.

Kemudian raja jin menceritakan bahwa istana itu milik Malim Hitam dan Malim Putih. Setelah itu Pangeran Alit pergi ke istana. Dengan keterampilan yang ia pelajari dari neneknya, ia dapat dengan mudah mengalahkan dua pangeran jahat, Malim Hitarn dan Malim Putih.

Pangeran Alit langsung membebaskan Dayang Bulan dan Dayang Ayu. Seperti yang dijanjikan, Pangeran Alit kembali ke kerajaan jin untuk menikahi sang putri. Pangeran Alit dan istrinya hidup bahagia selamanya. ***

Goa Putri

No comments: