Ngalau si Bincik

Ngalau si Bincik: Kisah Kekuatan, Pengampunan, dan Pengabdian



Ngalau si Bincik >> English Version

Cerita rakyat dari Sumatera Barat


DAHULU kala, ada seorang penjudi di Payakumbuh Sumatera Barat. Namanya Bincik. Dia benar-benar menyukai perjudian. Setiap kali orang memintanya untuk melakukan perjudian, dia selalu siap. Kadang-kadang ia memenangkan banyak uang, tapi kadang-kadang ia kehilangan. Dan ketika ia kehilangan semua uangnya, Bincik melakukan hal yang mengerikan. Dengan teman-temannya, ia merampok rumah-rumah penduduk. Namun ia tidak merampok rumah-rumah di desanya. Sebaliknya ia pergi ke desa-desa lain dan merampok rumah-rumah.

Bincik adalah seorang pria pendek. Tapi dia sangat kuat. Dia tidak pernah tertangkap dalam tindakan kriminalnya. Semua orang tahu bahwa Bincik adalah seorang penjudi dan seorang perampok. Dan orang-orang dari desa lain juga tahu tentang itu. Namun mereka tidak memiliki keberanian untuk melawan Bincik. Jadi orang-orang dari desa lain mulai tidak memiliki kontak dengan orang-orang di desa-desa Bincik.





Orang-orang di desa-desa Bincik mulai menderita. Mereka tidak bisa melakukan bisnis seperti biasa. Perlahan-lahan mereka menjadi miskin. Untuk mengatasi masalah tersebut, semua penduduk desa berbicara dengan orang tua Bincik ini. Mereka meminta orang tua untuk menyarankan Bincik tidak rumah merampok orang. Bincik benar-benar mencintai orang tuanya. Dia taat saran orangtuanya. Bincik kemudian mengatakan kepada teman-temannya untuk tidak rumah merampok orang.

Namun, mereka menolak idenya. Terutama Brewok, yang benar-benar menikmati merampok rumah-rumah penduduk, ia mengatakan kepada perampok lainnya untuk membunuh Bincik. Brewok telah cemburu dengan Bincik. Dia ingin mengganti Bincik sebagai kepala perampok.

setuju perampok lain. Mereka menyerang Bincik dan melemparkannya ke jurang. Para perampok pikir dia sudah mati. Nah, mereka salah. Bincik tak sadarkan diri tapi dia masih hidup.

Kemudian Bincik membuka matanya. Dia merasa dia tidak bisa menggerakkan tubuhnya. Tiba-tiba, ia melihat bayangan.

Bincit meminta bantuan, "Tolong! Tolong bantu saya! Saya akan melakukan apa-apa jika Anda membantu saya."

Bayangan itu menjawab "Benarkah? Hmm ... Ok, saya akan membantu Anda. Dan saya akan memberikan kekuatan besar. Tapi aku ingin kau menggunakan kekuatan Anda untuk membantu saya. Putri saya terperangkap di sebuah gua. Mulut gua ditutupi oleh batu-batu besar. Anda saya ingin membuka gua dan bebas putri saya. "

Bincik setuju. Dan tiba-tiba ia merasa sangat kuat. Dia mampu berdiri dan berjalan. Dia berlari ke gua dan hanya dalam satu menit ia berada di depan gua. Dengan kekuasaannya, ia mengangkat semua batu-batu besar yang menutupi mulut gua. Perlahan-lahan dibuka.

Bincik menemukan seorang gadis yang sangat cantik di dalam gua. Dia adalah seorang manusia. Bincik sangat berterima kasih untuk menemukannya. Dia jatuh cinta dan kemudian ia menikahinya. Bincik dan istrinya tinggal di dalam gua.

Bincik dan istrinya hidup bahagia. Tapi segera ia merindukan orang tuanya. Dia ingin mengunjungi orang tuanya di desa. Setelah meminta izin istrinya, Bincik kiri ke desanya. Sayangnya, ia tidak dapat menemukan orang tuanya. Desanya berada dalam kondisi yang mengerikan.

Setelah Bincik meninggalkan Brewok dan teman-temannya terus merampok. Mereka juga mulai merampok rumah-rumah di desa mereka sendiri! Dan mereka semua sangat kejam. Mereka akan menyakiti siapa pun yang mencoba untuk menghentikan mereka. Bincik mendengar bahwa orangtuanya meninggal. Brewok dan teman-temannya membunuh mereka. Bincik marah!

Bincik digunakan kekuatan besar untuk melawan Brewok dan teman-temannya. Satu per satu, teman-teman semua Brewok tewas. Dan akhirnya, Bincik adalah head to head melawan pertempuran Brewok. Bincik itu terlalu kuat. Dalam waktu yang sangat singkat, Brewok kehilangan pertarungan.

Setelah semua perampok sudah tewas, desa damai. Sayangnya, kehidupan damai mereka segera berakhir. orang Belanda datang dan mereka ingin menempati tempat mereka. Bincik memimpin desa untuk bergabung perang. kekuatan Bincik itu sangat berguna dalam perang. Belanda kehilangan banyak tentara mereka. Belanda akhirnya tahu tentang Bincik. Mereka merencanakan untuk membunuhnya.

Itu adalah serangan besar-besaran. Begitu banyak tentara Belanda mencari Bincik. Pertama, mereka semua pergi ke desa Bincik ini. Mereka tidak bisa menemukan dia di sana. Kemudian mereka pergi ke hutan, lagi mereka tidak bisa menemukan dia di sana. Kemudian mereka mendengar tentang istri Bincik ini yang tinggal di dalam gua. Mereka berharap mereka bisa menemukan Bincik. Namun, Bincik menghilang.

Sampai sekarang orang tidak tahu apakah Bincik masih hidup atau sudah meninggal. Dan jika ia sudah meninggal, orang tidak tahu mana ia dimakamkan. Untuk memperingati perjuangan besar Bincik melawan Belanda, mereka bernama gua sebagai Ngalau si Bincik, Ngalau berarti gua. Dan gua adalah di pinggiran kota Payakumbuh. ***



Ketulusan, Penebusan, dan Transformasi: Pelajaran dari Ngalau si Bincik

Pesan moral cerita ini adalah tentang konsekuensi dari tindakan seseorang dan kekuatan penebusan. Cerita ini mengajarkan bahwa perbuatan jahat, seperti merampok dan menyakiti orang lain, pada akhirnya akan menyebabkan penderitaan dan kehancuran. Namun, melalui tobat dan ketulusan, seseorang dapat menemukan penebusan dan memperbaiki kesalahan masa lalu. Transformasi Bincik dari seorang perampok terkenal menjadi pahlawan yang berjuang untuk keadilan menggambarkan pentingnya bertanggung jawab atas tindakan kita dan menggunakan kekuatan kita untuk kebaikan yang lebih besar.


No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection