Mitos Kucing Raas


Raas Cat Myth | English Version

Folklor dari Jawa Timur

Kucing Raas adalah kucing domestik dari Pulau Raas, Indonesia

Kucing Raas dipercaya membawa keberuntungan dan mempunyai indra ke enam. Kucing ini biasanya dipelihara olen orang-orang tertentu sepert kyai dan pemimpin dalam suatu komunitas. Meraka percaya bahwa kucing milik Syekh Kholil adalah jenis kucing Raas. Syaikhona Kholil atau Syekh Kholil adalah seorang Ulama yang kharismatik dari Pulau Madura.

Berdasakan cerita masyarakat setempat, dia memelihara dua ekor anak kucing yang berwarna biru dan coklat. Ketika ia meninggal, kucingnya juga lenyap. Maka, kucing Raas banyak dijumpai di Pondok pesantren daerah Madura.







Baca juga: Petani dan Tiga Kucing

Jika kucing Raas dibawa kwluar dari pulau oleh lelaki yang belum menikah, masyakarat percaya hal itu dapat membuat kapalnya tenggelam. Dan juga bahkan ada yang percaya jika kucing dibawa keluar dari pulau akan membawa ketidakberuntungan.

Jenis kucing ini secara fisik mirip macan tutul atau Bobcat. Badannya lebih besar dari kucing rumah biasa. Ukuran panjang ekornya sedang. Warna matanya hijau gelap. Wajahnya menyeruapai bentuk segi empat dan telinganya berbentuksegitiga.

References: wikikompasiana, catbreedselector


No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection