Anjing Yang Bodoh


The stupid Dog >> English Edition

Cerita Rakyat dari Sulawesi Tengah

Rusa memiliki tanduk, kan? Tapi menurut cerita rakyat dari Sulawesi Tengah, pada zaman dahulu, rusa tidak memiliki tanduk. Sebaliknya, anjing lah yang bertanduk. Bagaimana rusa mendapatkan tanduk? Berikut ceritanya.

Di suatu hari yang sangat panas. Sepasang rusa pergi ke sungai untuk minum. Mereka adalah suami istri. Setelah tiba di danau, mereka segera minum air. Tiba-tiba, sang istri melihat binatang datang.





"Suamiku, siapa dia? Wah! Dia sangat tampan dengan tanduknya," kata rusa betina.

"Oh, itu teman saya. Dia adalah anjing. Ngomong-ngomong, apakah kau mengatakan bahwa dia lebih tampan dariku? "Tanya rusa jantan. Dia cemburu.

"Tentu saja tidak, Anda masih lebih tampan dari dia. Tapi saya harus mengakui tanduknya yang indah. Jika kau memiliki sepasang tanduk itu, saya pikir akan terlihat sangat menarik. "

"Baiklah, aku punya ide bagaimana untuk mengambil tanduk dari anjing. Tunggu saja di sini. "

"Hai, apa kabar?" Tanya rusa kepada anjing.

"Aku baik-baik saja," jawab anjing. "Bagaimana dengan kamu?"

"Tidak terlalu baik. Anda melihat istri saya di sana? Ia berpikir bahwa aku tidak bisa berlari cepat seperti rusa jantan lainnya. Apakah kau keberatan jika kita bertanding lari? Aku benar-benar ingin berlatih," kata rusa.

"Jangan khawatir, temanku. Mari kita memiliki coba sekarang."

Setelah itu, pertandingan dimulai dan rusa menang. Kemudian, ia mencoba untuk menghibur anjing.

"Jangan bersedih. Anda tidak bisa berjalan cepat karena kau memiliki tanduk di atas kepalamu. Bagaimana jika Anda membiarkan saya memakai tanduk, " tanya rusa.

"Baiklah, tapi tolong pakai tanduk dengan hati-hati. Saya tidak ingin tandukku menjadi rusak. "

"Jangan khawatir. Aku akan sangat berhati-hati, " jawab rusa.

Dan kemudian dia segera menempatkan tanduk di kepalanya.

"Wah! Istri saya benar. Aku benar-benar tampak hebat dengan tanduk ini," kata rusa untuk dirinya sendiri.

Kemudian, mereka mulai pertandingan berjalan kembali. Rusa jantan berlari secepat yang dia bisa. Dia berlari sangat cepat dan tidak berhenti. Dia mencoba untuk mencuri tanduk anjing.

"Hei kembali! Kau mencuri tanduk saya! " anjing itu sangat marah.

Sampai saat ini, anjing selalu mencoba untuk menangkap rusa. Anjing-anjing ingin mendapatkan tanduk mereka kembali. ***




Ayo Baca Cerita yang lain!

No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection