I Ceker Cipak

I Ceker Cipak | English Version

Cerita rakyat dari Bali

dahuku kala, tinggal seorang pemuda dengan ibunya. Namanya I Ceker Cipak. Dia adalah anak yang baik. Dia taat dan membantu ibunya. Ayahnya meninggal. Saat dia masih bayi Saya Ceker Cipak ingin memiliki kehidupan yang lebih baik. Dia mengatakan kepada ibunya bahwa ia ingin membeli beberapa jenis jagung. Ia berencana memasak jagung dan kemudian menjualnya. Ibunya setuju. Dia kemudian memberinya sejumlah uang.

I Ceker Cipak pergi ke pasar. Jauh dari rumahnya. Dalam perjalanan ke pasar, dia melihat beberapa orang sedang memukul seekor kucing. Kucing itu mencuri makanan mereka. I Ceker Cipak tidak punya hati untuk melihat kucing itu sangat sakit.







Dia mengatakan kepada mereka, "Bolehkah saya membeli kucing itu?"

Orang-orang itu tertawa. Mereka mengajarkan bahwa dia gila. Namun, mereka membiarkannya membeli kucing itu. Lalu ia melanjutkan perjalanan. Belakangan ia melihat beberapa orang sedang menyakiti seekor anjing. Mereka bilang anjing itu mencuri telurnya. Anjing itu kesakitan dan I Ceker Cipak sedih melihat itu. Dia kemudian bertanya apakah dia bisa membeli anjing itu. Orang-orang tertawa, namun mereka setuju. Dia memberi mereka sejumlah uang dan membawa anjing itu bersamanya.

Belakangan, ia melihat beberapa orang sedang menyakiti seekor ular. Mereka mengatakan bahwa ular itu memakan ayam mereka. Sekali lagi, dia membeli ular itu. Dia melanjutkan perjalanannya. Lalu, dia melihat beberapa orang sedang menyakiti seekor tikus. Mereka mengatakan bahwa tikus tersebut telah menghancurkan sawah mereka. Sama seperti sebelumnya, dia membeli tikus.

Dia melanjutkan perjalanannya dengan anjing, kucing, ular, dan tikus. Tiba-tiba dia menyadari bahwa dia tidak punya uang. Semua uangnya dihabiskan untuk membeli hewan-hewan itu. I Ceker Cipak sedih. Dia sedang memikirkan ibunya. Dia berhenti dan menangis.

Hewan-hewan itu sedih melihat dia menangis. Ular itu berkata,

"Jangan sedih, aku punya sesuatu yang bisa membuatmu bahagia, tapi ambil cincin ini, jika kau menggosoknya ke benda lain, itu akan berubah menjadi emas!"

I Ceker Cipak kaget. Dia tidak tahu bahwa ular itu bisa berbicara! Dia menerima cincin itu. Dia mengusapnya ke tasnya. Hebatnya, itu berubah menjadi emas! I Ceker Cipak sangat senang.

Dia langsung pulang. I Ceker Cipak dan ibunya menjadi sangat kaya. Dia membiarkan hewan-hewan itu tinggal di dalam rumah besarnya yang baru.

Suatu hari, I Ceker Cipak secara tidak sengaja menjatuhkan cincinnya. Akibatnay ada beberapa celah. Dia pergi ke seorang tukang emas. Dia berencana memintanya memperbaiki cincin itu.

Sayangnya, pandai emas itu secara tidak sengaja menemukan bahwa itu adalah cincin ajaib. Dia punya ide buruk. Dia membuat cincin baru yang persis seperti cincin ajaib. Dia kemudian memberikan cincin palsu itu kepada I Ceker Cipak dan menyimpan cincin aslinya.

Di rumah, saya Ceker Cipak mencoba menggosok cincin ajaib itu ke batu. Namun batu itu tidak berubah menjadi emas.

"Hei, ini bukan cincin kita," kata sang ibu.

"Tukang emas pasti sudah mengganti cincin kita!"

I Ceker Cipak bingung. Dia tidak tahu harus berbuat apa. Dia tahu bahwa mereka tidak membuktikan bahwa tukang emas itu telah mengganti cincin mereka.

"Kita harus membantu tuan kita," kata ular itu pada kucing, anjing, dan tikus.

Kemudian, mereka pergi ke rumah tukang emas itu.

Mereka perlahan berjalan masuk rumah. Anjing itu menggunakan hidungnya untuk mengendus cincin itu. Ketika mereka melihat cincin itu, mereka dengan hati-hati mengambilnya. Kemudian mereka berlari sangat cepat!

Di rumah, binatang tersebut memberi cincin ajaib itu kepada I Ceker Cipak. Dia sangat bahagia. Dia memasang cincin itu dengan hati-hati. Sejak itu I Ceker Cipak dan ibunya hidup bahagia selamanya. ***



Anjing Kintamani, Bali




Ayo Baca Cerita yang lain!

No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection