Raja Tilahunga

King Tilahunga and the Names of the Places | English Version

Cerita Rakyat dari Gorontalo

DAHULU, ada sebuah kerajaan bernama Bolango. Kerajaan itu dipimpin oleh Raja Tilahunga. Dia adalah raja yang bijaksana. Dia sangat dekat dengan bangsanya. Mereka mencintai raja mereka. Mereka bersyukur karena Raja Tilahunga adalah raja mereka.

Raja Titahunga secara teratur mengunjungi kerajaannya. Dia melakukan itu untuk memantau apa yang terjadi dengan bangsanya. Ketika dia pergi menemui bangsanya, raja selalu tinggal di rumah mereka. Dia tidak mau diperlakukan secara berbeda. Dia adalah raja yang rendah hati.







Suatu hari, raja ingin memantau kerajaannya. Dia meminta tentaranya untuk mempersiapkan dengan baik.

"Jangan lupa untuk membawa makanan yang cukup. Ingat, saya tidak ingin membebani orang menyiapkan makanan untuk kita Kita harus membawa makanan kita sendiri!" Perintah raja

"Ya pak!" Balas tentara tersebut.

"Selain makanan, bawa beberapa barang peralatan berkebun, bawakan koboi, linggis, dan kapak," perintah raja.

Dia melanjutkan, "Kami akan membantu para petani."

Kemudian Raja dan tentara memulai perjalanan mereka. Perjalanan itu cukup melelahkan karena mereka mengalami musim kemarau. Raja sering memotivasi tentara agar tidak merasa lemah. Memang perjalanannya tidak mudah bagi mereka. Mereka harus melalui hutan dan bahkan menyeberangi sungai.

Tempat itu sangat panas dan saat mereka sampai di daerah perbukitan, mereka beristirahat sejenak. Beberapa tentara sedang sibuk menyiapkan tempat yang baik agar raja beristirahat. Namun raja menolak diperlakukan berbeda.

"Tidak, saya tidak mau tempat khusus untuk beristirahat. Ayo berbagi tempat bersama," kata sang raja.

Para tentara sangat tersentuh melihat raja mereka yang sederhana. Mereka kemudian menamai bukit itu sebagai Bukit Tapa. Tapa diambil dari kata tapatopo yang berarti meninggalkan posisinya untuk sementara waktu. Ketika mereka beristirahat, raja tidak mau diperlakukan sebagai raja. Jadi dia meninggalkan posisinya sebagai raja untuk sementara.

Raja dan tentara melanjutkan perjalanan mereka. Nanti sudah saatnya mereka beristirahat lagi. Mereka mulai makan makanan. Namun ada satu tentara bernama Denggi yang makan terlalu banyak. Denggi bahkan makan makanan tentara lainnya. Tentu itu membuat mereka marah pada Denggi.

Raja mendengar masalahnya. Dia menyarankan Denggi untuk tidak melakukannya. Denggi akhirnya mengerti mistarinya. Dia meminta maaf kepada raja dan tentara lainnya. Sejak saat itu tempat itu bernama Tuladenggi. Tula berarti serakah, jadi Tuladenggi berarti Denggi yang serakah.

Mereka melanjutkan perjalanan mereka. Kemudian mereka tiba di Danau Limboto. Pemandangannya begitu indah. Pohon tumbuh dengan baik. Raja langsung mencintai tempat itu. Dia tahu tanah itu subur.

"Prajurit-prajurit, kita akan berhenti di sini Tetapkan tenda sekarang karena kita akan tetap di sini sedikit lebih lama Sekarang siapkan peralatan berkebun," perintah raja.

Beberapa tentara memasang tenda dan yang lainnya menyiapkan peralatan. Namun mereka terkejut saat melihat peralatan mereka rusak. Mereka segera melapor kepada raja.

"Apa yang terjadi?" Raja terkejut

Para tentara juga terkejut. Mereka membawa peralatan terbaik saat mereka meninggalkan istana. Raja memerintahkan tentara untuk memperbaiki peralatan yang rusak. Dia kemudian menamai tempat itu sebagai Panthungo. Artinya pegangan alat berkebun.

Dan begitulah tempat-tempat itu mendapat namanya. **





Ayo Baca Cerita yang lain!

No comments:

Post a Comment

Horse (Equine) Art, Pencil on Paper Collection